ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN SDN 35 KOTA SORONG

Penulis

  • Sitra Kalauw Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sundari universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rizky Ekawaty Ahmad universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ainun Mardiah universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4007

Kata Kunci:

Conceptual Errors, Mathematical Understanding, Multiplication

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan pemahaman konsep dan prosedur siswa dalam materi perkalian bersusun di SDN 35 Kota Sorong. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas 4c. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa terdiri atas kesalahan konseptual, seperti salah menempatkan angka dan garis pada perkalian bersusun panjang, serta kesalahan prosedural dalam mengikuti langkah penyelesaian. Faktor utama kesalahan adalah rendahnya pemahaman konsep perkalian bersusun panjang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru memperbaiki metode pengajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Referensi

Alanazi, M. M. (2024). Grade Five Students Common Errors and Misconceptions in Multiplication and Division for Whole Numbers. Pakistan Journal of Life and Social Sciences (PJLSS), 22(1), 3938–3963. https://doi.org/10.57239/pjlss-2024-22.1.00290

Arie Anang Setyo, Muhammad Ruslan Layn, Nika Fetria Trisnawati, Ania Yulita Sipahelut, Sundari, Matahari, & Nurul Nujum. (2024). Introduction of Numeration Literacy Skills-Oriented Educative Games Through the Campus Teaching Program. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(3), 1052–1062. https://doi.org/10.35568/abdimas.v7i3.4924

Armin, R., & Iriana, A. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Pengoperasian Perkalian Bersusun Di Kelas IV SD Negeri 2 Baubau Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 4(2), 156–161. https://osf.io/46g5f/

Burdam, G. I., Arsyad, R. Bin, Rumauw, H. R., & Trisnawati, N. F. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa Dalam Masa Pandemic. LIMIT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29–38.

Damayanti, F., Febriana, D., Sari, R. D., Wardani, H. Y., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Operasi Hitung Perkalian Bersusun di SD Muhamadiyah 1 Paron berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 102–105. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1813

Dini, P., Pratiwi, R., Trisnawati, N. F., Kumalasari, L., & Tondatuon, A. (2024). KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SD NEGERI 24 KOTA SORONG. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(1), 17–28.

Hanik, U. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Htung Perkalian Dan Pembagian Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 45–57. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Hulbert, E. T., Petit, M. M., Ebby, C. B., Cunningham, E. P., & Laird, R. E. (2023). A Focus on Multiplication and Division: Bringing Mathematics Education Research to the Classroom, Second Edition. In A Focus on Multiplication and Division: Bringing Mathematics Education Research to the Classroom, Second Edition (Issue May). https://doi.org/10.4324/9781003185529

Kurniati, N., Prabawanto, S., & Haeruddin. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII terhadap Konsep Perkalian Beserta Rekomendasi Desain Pembelajaran Konsep Perkalian. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 73–84. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1703-1714

Kusuma, L. R., & Wilujeng, H. (2022). Pengaruh Media Takalintar Untuk Pada Meningkatkan Materi Perkalian Siswa Kelas III di MIN 2 Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Al-Thifl, 2(2), 5.

Mohyuddin, Rana, G., & Khalil, U. (2016). Misconceptions of Students in Learning Mathematics at Primary Level. Bulletin of Education and Research, 38(1), 133–162.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyono, & Trisnawati, N. F. (2024). The comparison of the effectiveness of online and offline learning in the educational statistics course. 13(1), 16–29.

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.

Muthma’innah, M. (2023). Difficulty Learning Mathematics Material for Multiplication Counting Operations in Elementary School. Rangkiang Mathematics Journal, 2(2), 30–33. https://doi.org/10.24036/rmj.v2i2.42

Rifanti, V. N., Nasaruddin, N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas III SD IT Samawa Cendekia. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 121–136. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/97

Sihombing, J. M., Syahrial, S., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003–1016. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1177

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Rusani, I., Hidayani, & Sira’a, Y. (2024). ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI METODE DUAL SIMPLEKS. KAMBIK: Journal of Matematics Education, 2(1), 80–89.

Trisnawati, N. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Pada Siswa Kelas Vb Sd Muhammadiyah I Sorong. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 26. https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.257

Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp Menggunakan Pembelajaran Daring Berbasis Google Meet. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250–260. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1773

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Kalauw, S., Sundari, Ahmad, R. E., & Mardiah, A. (2024). ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN SDN 35 KOTA SORONG. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 124–131. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4007