Evaluasi dan Manajemen Parkir Kawasan Tanrise City Jember

Authors

  • Dwi Sartika Universitas Jember
  • Willy Kriswardhana Universitas Jember
  • Hernu Suyoso Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v6i1.1011

Keywords:

Bangkitan tarikan, Evaluasi, Manajemen ruang parkir, Ruang parkir

Abstract

Parkir merupakan fasilitas yang harus terpenuhi dalam setiap perencanaan pembangunan. Perencanaan parkir dilakukan pada pembangunan yang berskala besar maupun kecil, seperti pembangunan Kawasan Superblok Tanrise City Jember yang merupakan pembangunan berskala besar karena menggabungkan beberapa bangunan dalam satu kawasan. Perencanaan pembangunan terdapat perencanaan ruang parkir kendaraan, sehingga evaluasi kebutuhan ruang parkir perlu dilakukan. Evaluasi perencanaan ruang parkir dilakukan dengan analisa data bangkitan tarikan kendaraan dari beberapa bangunan pembanding. Penelitian menggunakan metode perbandingan dengan menggunakan data bangkitan tarikan kendaraan sebagai variabel. Selain itu, penelitian ini menggunakan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Parkir sebagai acuan untuk memanajemen ruang parkir. Setelah dilakukan perhitungan kinerja parkir diketahui terdapat beberapa bangunan yang tidak mampu memenuhi permintaan parkir dengan IP>1. Kemudian, untuk mengoptimalkan ruang parkir yang tidak mencukupi diadakan perluasan lahan parkir, solusi lain yang dapat dilakukan adalah dengan pengalihan ruang parkir. Berdasarkan manajemen yang dilakukan, pengalihan ruang parkir dapat mengatasi permintaan parkir berarti manajemen ruang parkir tersebut dapat direkomendasikan dan layak untuk diterapkan di lapangan

References

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.1996. Pedoman teknis penyelenggaraan fasilitas parkir. Jakarta : Direktorat Jenderal Perhubungan Darat

Gallivan, S., 2011, ibm global parking survey: drivers share worldwide parking woes. IBM, 18 September 2011

Lei, Chao dan Yanfeng Ouyang. 2017. “Dynamic pricing and reservation for intelligent urban parking management.†Transportation Research Part C: Emerging Technologies 77:226–44.

Pel, Adam J. dan Emmanouil Chaniotakis. 2017. “Stochastic user equilibrium traffic assignment with equilibrated parking search routes.†Transportation Research Part B: Methodological 101:123–39.

Rusmin, M. (2018). Analisis Kinerja Di Simpang Empat Tak Sebidang Kota Makassar Berbasis Mikrosimulasi.

Rusmin, M. (2019). Analisa Kapasitas Dan Kinerja Persimpangan Tak Bersinyal R.A. Kartini. Rancang Bangun, 29-34.

SHAO, Chunfu, Yi ZHAO, Lei YU, dan Juan XU. 2008. “Case Analysis on Vehicle Parking and Departure Plans for the National Stadium.†Journal of Transportation Systems Engineering and Information Technology 8(6):52–55.

Zips, Patrik, Martin Böck, dan Andreas Kugi. 2016. “Optimisation based path planning for car parking in narrow environments.†Robotics and Autonomous Systems 79:1–11.

Downloads

Published

2020-07-14

How to Cite

Sartika, D., Kriswardhana, W., & Suyoso, H. (2020). Evaluasi dan Manajemen Parkir Kawasan Tanrise City Jember. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 6(1), 22–28. https://doi.org/10.33506/rb.v6i1.1011

Issue

Section

Articles