Efektivitas Media Articulate Storyline terhadap Minat dan Retensi Siswa pada Materi Biologi SMA Taman Mulia

Authors

  • Mauri Adisti Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Mahwar Qurbaniah Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Hanum Mukti Rahayu Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2707

Abstract

Selection of the use of instructional media is necessary to create effective and innovative learning conditions that support the learning process, one of which is the articulate storyline media. This study aims to determine the effectiveness of articulate storyline media on student interest and retention. The research method used is Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. The treatment in the experimental class (XI IIS 2) used articulate storyline media and in the control class (XI IIS 1) used PPT. Data collection techniques using measurement techniques and questionnaires. Data collection tools used are tests and questionnaires. The results of the study show that the use of articulate storyline media is effective for students' interest and retention. The interest of the students in the experimental class differed significantly from that of the control class (independent samples t-test value of 0.000) and was influenced by the treatment by 55.4% (Effect Size value of 1.00). The retention of students in the experimental class was significantly different from the control class (U-Mann Whitney value 0.006) and was affected by the treatment by 51.6% (Effect Size value 0.92).

 

References

Agustina, U., & Elan. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Sindangheula 02. Jurnal Sekolah, 5(3), 165-169.

Alhadi, D. F., & Cholik, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X SMK Negeri 1 Sidoarjo. JPTM, 11(1), 126-132.

Fitriani, E., & Maman, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC), 53-58.

Hikmawati, Vitta Y. (2016). Profil Retensi Pengetahuan Siswa SMA Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Melalui Metode Membaca SQ5R. Jurnal Bio Educatio, 1(1), 55-63.

Khomaria, I., et al. (2017). Penggunaan Media Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktia Dwijaya Indria, 5(4).

Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 25-30.

Kiptiyah, M., et al. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikkan Di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(3), 389-397.

Murniati, M. E., et al. (2023). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan Pendekatan STEM pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 9(2), 152- 160.

Nurfajriani, N., et al. (2020). Pengaruh Multimedia Articulate Storyline Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Laju Reaksi. In PROSIDING SEMINAR KIMIA, 75-80.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 135-142.

Nurmala, S., et al. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024-5034.

Octavia, A. D., et al. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380-2391.

Putra, A. T., et al. (2013). Pengaruh Multimedia Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil dan Retensi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Untan.

Putri, A. K., et al. (2023). Pengembangan Media Articulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 857-866.

Putri, C. E. B., et al. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Materi Substansi Genetika Siswa Kelas XII. JOURNAL OF NATURAL SCIENCE AND LEARNING, 1(1), 30-36

Rahayu, N., et al. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1764-1770.

Rahmadhani, D. D., et al. (2021). Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Salah Satu Pemanfaatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4904-4912.

Rahmania, M. D., et al. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Absis, 5(2), 653- 665.

Rohmah, O. M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 39-49.

Safira, A. D., et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253.

Salsabila, S., et al. (2022). Pengaruh Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 6(2), 70-79.

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan | 31

Qalam, Vol. 12, No. 2, Desember 2023 ISSN: p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603

Sapitri, D., & Alwen, B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Inovtech, 2(1), 1-8.

Sari, R. K., & Nyoto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Inrteraktif Berbasis Articulate Storyline Tematik terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran,4(1), 122-130.

Saparina, S., et al. (2017). Efektivitas Buku Saku Berbasis Mnemonik Terhadap Retensi Siswa Dengan Metode SQ3R Pada Sub Materi Tulang Di Kelas XI IPA MAN 2 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 39-46.

Setiawan, D., & Siti, R. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Flash dalam Membaca Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sewon. CARAKA, 2(1), 166-178.

Setyaningsih, S., et al. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144-156.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sriwahyuni, E., et al. (2022). Pengaruh Penggunaan Flashcard Sistem Periodik Unsur Terhadap Daya

Retensi Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair, 2(1), 35-42. Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zakiyatun, C., et al. (2017). Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar dan Daya Ingat Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 159- 168.

Downloads

Published

12/31/2023

How to Cite

Mauri Adisti, Mahwar Qurbaniah, & Hanum Mukti Rahayu. (2023). Efektivitas Media Articulate Storyline terhadap Minat dan Retensi Siswa pada Materi Biologi SMA Taman Mulia. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 23–32. https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2707

Issue

Section

Articles