PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PREEKSLAMSIA PADA IBU HAMIL DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON

Authors

  • Kharis Hudaib Hanif Universitas Borneo Tarakan, Tarakan
  • Novita Ranti Muntiari Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto
  • Putri Ananda Ramadhani Universitas Borneo Tarakan, Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.33506/insect.v7i2.1818

Keywords:

Preekslamsia, Ibu Hamil, Certainty Factor, Python

Abstract

Kehamilan merupakan proses yang akan dialami sebelum calon ibu melahirkan, dan proses kehamilan juga ada yang normal dan ada yang mengalami gangguan. Sebaiknya calon ibu memeriksakan dini kehamilanya agar tidak ada penyakit yang ada saat proses kehamilan. Salah satu masalah kesehatan adanya terkena penyakit yang dapat menyerang ibu hamil. Salah satu penyakit ibu hamil adalah Preekslamsia. Preeklamsia adalah penyakit yang bisa dihadapi ibu hamil dan merupakan penyakit yang merupakan penyebab utama kematian dan kesakitan pada ibu hamil, baik saat hamil maupun saat melahirkan. Tujuan penelitian untuk memiliki sistem yang dapat memberikan arahan pengobatan berdasarkan hasil deteksi dini dan edukasi tentang cara pencegahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Certainty Factor dengan menggunakan 7 gejala. Hasil penelitian berjalan sesuai dengan baik berdasarkan fakta  dari pakar. Hasil dari perhitungan adalah 96,35 % bahwa user mengalami gejala penyakit Preeklamsia dan harus dapat tindakan yang serius dari Dokter. Sistem yang dihasilkan menggunakan bahasa pemrograman Python sudah sangat baik dan sesuai dalam mendiagnosa penyakit Preekslamsia pada ibu hamil

References

N. W. A. Prasetya, L. P. Wanti, L. Sari, and L. Puspitasari, “Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Preeklamsia pada Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor,” Infotekmesin, vol. 13, no. 1, pp. 168–177, 2022.

E. Aulia, “Penerapan Metode Certainty Factor dalam Mendiagnosa Virus Torch dengan Menggunakan Mesin Inferensi Forward Chaining,” Maj. Ilm. Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 7, no. 2, pp. 182–188, 2020.

Rawansyah, V. A. Lestari, and S. Anita, “Ibu Hamil Menggunakan Metode Fuzzy Logic dan Certainty Factor,” Semin. Inform. Apl. Polinema, pp. 221–225, 2020.

P. T. Ritonga, N. I. Hutabarat, and M. H. Butarbutar, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Hepatitis Pada Ibu Hamil Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,” Semin. Nas. Multidisiplin Ilmu Univ. Asahan, no. September, pp. 1246–1253, 2020.

N. Herawati, B. Kelana Simpony, and T. Alawiyah, “Implementasi Metode Certainty Factor Untuk Diagnosa Gangguan Kehamilan,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 2527–449, 2019.

S. S. Sundari, S. Sarmidi, and A. F. Nuraropah, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Gangguan Kehamilan Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Berbasis Web,” It (Informatic Tech. J., vol. 9, no. 2, p. 164, 2021.

F. Fitrilina, M. Albbi, I. Agustian, A. Herawati, and N. A. Massardi, “Sistem Peringatan Awal Resiko Preklamsia pada kehamilan menggunakan metoda Certainty Factor dan Android,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, p. 45, 2021.

R. Agusli, M. Iqbal, and F. Saputra, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Ibu Hamil dengan Metode Certainty Faktor Berbasis Web,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1.

Muhammad Romzi and B. Kurniawan, “Pembelajaran Pemrograman Python dengan Pendekatan Logika Algoritma,” JTIM J. Tek. Inform. Mahakarya, vol. 03, no. 2, pp. 37–44, 2020.

A. H. Aji, M. T. Furqon, and A. W. Widodo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 2127–2134, 2018.

A. Irmayana, “Sistem Pakar Diagnosis Persalinan Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor Expert System for Diagnosing Labor of Pregnant Women Using Certainty Factor Method,” Pros. Semin. Nas. Komun. dan Inform. #3 Tahun, vol. 1, no. 1, pp. 111–118, 2019.

Published

2022-03-15

How to Cite

Hanif, K. H., Muntiari, N. R., & Ramadhani, P. A. (2022). PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PREEKSLAMSIA PADA IBU HAMIL DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 7(2), 63–71. https://doi.org/10.33506/insect.v7i2.1818

Issue

Section

Articles