ANALISIS PERANCANGAN BISNIS KERUPUK PAPEDA (KEPAP) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT
DOI:
https://doi.org/10.33506/system.v1i02.2285Kata Kunci:
Business Design, SWOT Method, Papeda crackersAbstrak
Salah satu sumber daya alam yang melimpah di daerah Papua Barat adalah sagu. Hasil sagu di sekitar daerah Kota Sorong demikian melimpah sementara industri yang mengelolah hasil sagu masih terbatas . Perencanaan bisnis yang akan penulis buat ini berupa usaha mikro yaitu pembuatan produk Kerupuk Papeda sebagai makanan yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, dan termasuk salah satu jajanan yang praktis dan bisa dijadikan cemilan sehingga dapat peluang membuka cabang di Kota Sorong. Analisis SWOT menganalisis tentang usaha yang akan direncanakan. SWOT adalah singkatan dari lingkungan Internal Strengths dan Weaknesses serta lingkungan Eksternal Opportunities dan Threats yang dihadapi dunia bisnis. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dengan faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses).Penelitian ini dilakukan di kota sorong dengan beralamat di Jl. F.Kalasuat Malanu . Penelitian untuk keperluan data penulis dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2020 untuk data awal. Data harga pokok produksi yang didapat sebesar Rp. 33.036.000,- dan total biaya produksi serta biaya penjualan sebesar Rp. 49.548.375,-. Dengan Laba Rugi sebesar Rp. 10.979.661,-. Dan harga yang ditetapkan sebesar Rp. 9.897.000,-.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fanny Pebelina subru; Tamrin Tajuddin, Irman Amri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.