Sosialisasi Peran Hutan dan Lingkungan dalam Penanggulangan Banjir di Kota Sorong

Authors

  • Irnawati Irnawati UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG
  • Mierta Dwangga Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Fadli Hasa Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v5i1.2148

Keywords:

Banjir, hutan, lingkungan, informatika

Abstract

Bencana banjir merupakan bencana yang cukup sering terjadi di wilayah Indonesia karena adanya tingkat intensitas curah hujan di indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Di kota sorong bencana banjir cukup sering terjadi ada yang karena faktor alam dan non alam,salah satu faktor non alam yaitu dari aktivitas manusia seperti penambangan pasir, batu dan lainnya. Tujuan sosialisasi ini untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pentingnya peran hutan dan lingkungan sebagai penanggulangan banjir. Metode yang digunakan yaitu model pendekatan eksploratif. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan diselingi dengan wawancara diketahui bahwa dikarenakan masyarakat dan pemilik penambangan menggunakan lahan di sekitar Galian C yang awalnya berupa hutan yang seharusnya dimanfaatkan untuk daerah konservasi tanah dan air, digunakan untuk kegiatan penambangan. Kurang adanya partisipasi masyarakat antara lain disebabkan ketidaktahuan dari masyarakat itu sendiri tentang apa yang harus mereka lakukan dalam masalah konservasi serta masyarakat tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan atau kurang adanya komunikasi antara pihak pemerintah dan masyarakat.

References

A Farida, M Dwangga. 2022. Potensi Banjir Bandang Menggunakan Analisis Morfometri Di Daerah Aliran Sungai Klagison Kota Sorong (https://ojs.unud.ac.id/index.php/ECOTROPHIC/article/view/83899, diakses tgl 11 Oktober 2022)

I Irnawati, N Hidaya. 2020. Sosialisasi Masyarakat Tentang Sub Aliran Sungai Di Sekitar Kawasan Hutan Kampung Klaben Distrik Mariat Gunung Kabupaten Sorong. (https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=jsVvA30AAAAJ&citation_for_view=jsVvA30AAAAJ:_FxGoFyzp5QC, diakses tgl 4 september 2022).

Irnawati, I., Ohorella, S., & Nurhidaya, N. (2022). Kelembagaan Lokal Masyarakat Suku Maybrat Kampung Kamisabe Dalam Pengelolaan Sumberdaya Hutan. Median: Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 14(2). http://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/median/article/view/1936 diakses tgl 12 september 2022

Ilma Hadryanti, Suyanto, dan Hafizianor. 2019. Analisis Alih Fungsi Lahan Kawasan Hutan Lindung Gunung Sebatung Di Dusun Sasapit Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. (https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jss, diakses tgl 20 November 2022).

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles