Manfaat Ekosistem Mangrove Dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan Masyarakat Pesisir

Authors

  • Lona Helti Nanlohy universitas muhammadiyah sorong
  • Masniar Masniar Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.804

Keywords:

Ekosistem Mangrove, Lingkungan, Masyarakat Pesisir

Abstract

Hutan mangrove penting terhadap lingkungan dikarenakan hutan mangrove memiliki peranan atau fungsi yang penting baik fungsi fisik, fungsi kimia, fungsi biologi, fungsi ekonomi dan fungsi wisata, apabila hutan mangrove rusak atau bahkan hilang, banyak kerugian yang harus ditanggung manusia ataupun makhluk hidup lainnya serta lingkungan, seperti moluska, kepiting, ikan, udang, dan biota lainnya. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pesisir di Kelurahan Kbalinain Distrik Aimas Kabupaten Sorong yang terlibat langsung dalam memanfaatkan ekosistem mangrove dan upaya untuk melestarikan ekosistem mangrove tersebut melalui kesadaran masyarakat pesisir. Metode yang dipergunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah adalah sosialisasi berupa penyuluhan kepada masyarakat pesisir.  Hasil pengabdian yang dilakukan adalah: Peningkatan kapasitas masyarakat pesisir tentang manfaat dan pelestarian ekosistem mangrove.

References

Arief, A . 2003. Hutan Mangrove Fungsi dan Manfaatnya. Kanisius. Jogjakarta.

Bismark, M. Subiandono, E. and Heriyanto, N.M. 2008.Keragaman dan potensi jenis serta kandungan karbon hutan mangrove disungai Subelen Siberut, Sumatera Barat. Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Diah Karunia Binawati, Anak Agung Sagung Alit Widyastuty, Sri Widyastuti, Indah Nurhayati, 2015. Konservasi Hutan Mangrove Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kawasan Pesisir di Pulau Mengare kec. Bungah Kab. Gresik Propinsi Jawa Timur Prosiding Seminar Nasional “Research Month†2015 “Sinergi Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Menumbuhkan Kapasitas Inovasi di Bidang Teknologi, Pertanian, Sosial dan Ekonomi†ISBN:978-602-0856-43-8

Ilmiliyana, A., Muryono, M. dan Purnobasuki, H. 2012. Estimasi Stok Karbon Pada Tegakan Pohon Rhizophora stylosa Di Pantai Camplong, Sampang-Madura. Jurnal Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh November.[Online]. ersedia di :http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-22852-1508100020 id.pdf.Diakses Tanggal 20 Mei 2019.

Lugina, Mega, Iis Alviya, Indartik Indartik, and Mirna Aulia Pribadi. 2017. “Strategi Keberlanjutan Pengelolaan Hutan Mangrove Di Tahura Ngurah Rai Bali.†Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan 14(1): 61–77

Downloads

Published

2020-01-25

Issue

Section

Articles