Proses Pengepresan Busana Wanita Di Kelurahan Klamalu Distrik Mariat Kabupaten Sorong

Authors

  • Ahmad Jamil Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Digor Mufti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nina Aprilia Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i2.1235

Keywords:

Pengepresan, Busana wanita, Kelurahan Klamalu

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pengepresan terhadap hasil busana yang di inginkan serta memberi pengetahuan tentang peralatan yang digunakan dalam pengepresan, teknik-teknik yang harus diperhatikan serta tahap-tahap pengepresan yang baik dan benar. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari pelatihan ini yaitu masyarakat menjadi mengerti bagian-bagian tertentu yang masuk dalam proses pengepresan seperti 1. Kampuh, 2.lipit, 3.lapisan dalam(inferancing), 4.komponen-komponen busana. Teknik- teknik pengepresan yang  perlu diperhatikan, Peralatan yang digunakan untuk menunjang proses pengepresan, serta tahap-tahap pengepresan yang benar. Karena sebaik  apapun  teknik menjahit  yang  dilakukan jika teknik pengepresan tidak di lakukan dengan baik maka busana yang dihasilkan tidak sesuai bentuk yang diinginkan.

References

Akhir, T. (2009). Dengan Aksentuasi Ruffles.

Andhini, N. F. (2017). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Apriliani, D., Program, P., Pendidikan, S., & Busana, T. (2016). Perbedaan hasil bustier ditinjau dari bahan pelapis (interfacing) dan teknik pengepresan lapisan dalam.

Eucheuma, A. K. (2004). No. 1–7. PENELITIAN PENGEPRESAN BUSANA WANITA. (n.d.).

Tjahjono, A., Semuel, P. H., Karina, R., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013).

Analisa Marketing Mix , Lingkungan Sosial , Psikologi Online Pakaian Wanita. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–9.

Yudiyanti, C. (2013). Pengaruh Temperatur Dan Waktu Pengepresan Lapisan Dalam ( Interfacing ) Terhadap Kualitas Bahan Jas.

Downloads

Published

2021-02-12

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)