The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Sejak tahun 2016, diperkenalkan metode monitor menggunakan Underwater Photo Transect (UPT) untuk menghasilkan hasil monitoring yang bersifat jangka panjang pada stasiun pengamatan yang tetap. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kondisi terumbu karang di Pulau Mansinam berdasarkan penerapan metode UPT, dan manfaat yang ingin dicapai dalam pemantauan kesehatan terumbu karang adalah tersedianya basis data dan informasi tentang kondisi ekosistem terumbu karang di Pulau Mansinam. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi persen tutupan karang berdasarkan bentuk pertumbuhan berkisar 32-56%, sehingga dikategorikan sedang. Hal ini menunjukkan bahwa Pulau Mansinam memiliki terumbu karang yang cukup baik tetapi mengalami tekanan aktifitas manusia yang merusak maupun karena adanya tekanan dari faktor alam. Nilai rata-rata tutupan karang di perairan pulau mansinam menunjukkan tingginya kerusakan karang, hal ini ditunjukkan dengan nilai patahan karang yaitu 25.62% dan karang hidup umumnya memiliki nilai yang rendah, berkisar antara 3-19%.

Keywords


Pulau Mansinam; Underwater Photo Transect (UPT); Kondisi terumbu karang; pemantauan; persen tutupan