Pengolahan Cemilan Stick Rumput Laut (Eucheuma Cottoni) Dengan Konsentrasi Tepung Terigu Berdasarkan Nilai Organoleptik

Authors

  • Mohamad Iksan Badarudin Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Organoleptik, Produk olahan hasil prikanan, rumput laut

Abstract

Salah satu sumber daya hayati laut Indonesia yang cukup potensial adalah rumput laut atau di kenal dengan sebutan lain ganggang laut, seaweed. Seiring dengan menguatnya gerakan kembali ke alam (back to nature), pemanfaatan rumput laut menjadi salah satu prioritas komuditas unggulan hasil laut yang masih perlu ditingkatkan melalui upaya pembudidayaan khususnya Kabupaten Sorong. Penelitian ini diharpkan dapat menjadi media transformasi (skill education) yang bermanfaat bagi masyarakat dalam membangun perekonomian keluarga. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus hingga September 2016, bertempat di Laboratorium Pengolahan Hasil Perikanan, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Kota Sorong. Menggunakan metode eksperimen secara diskriptif, pengamatan organoleptik, pengaruh tepung terigu yang efektif terhadap cemilan stick rumput laut. Cemilan Stick rumput laut menggunakan tepung terigu 300gram dan rumput laut 500gram menghasilkan rasa rumput laut masih sangat kuat. Pada perlakuan konsentrasi tepung terigu 400gram dan rumput laut 500gram menghasilkan rasa rumput laut masih kuat, pada perlakuan konsentrasi rumput laut 500 gram dan tepung terigu 500gram, masih meninggalkan rasa rumput laut pada cemilan. Perlakuan penambahan konsentrasi tepung terigu 600gram, dan rumput laut 500gram menghasilkan  rasa cemilan stick  rumput laut yang baik tidak berbau, segar dan gurih.

References

Alamsyah R, Nami L, dan Hasrini RF. 2013. Kajian Mutu Bahan Baku Rumput Laut (eucheuma sp.) dan Teknologi Pangan Olahannya. Balai Besar Industri Agro (BBIA)’

Anggadiredja, J.T. Kusmiyati, Sri Intini, dan H. Purwanto. 2011. Potensi dan Manfaat Rumput Laut Indonesia dalam bidang Farmasi, Prosiding Seminar Nasional Rumput Laut, APBRI. Balai Pendidikan Dan Pelatihan Perikanan Ambon.

Buckle, K.A.,1987. Ilmu Pangan. Universitas Indonesia Press.Jakarta

Cahayani A. 2011. Karya Ilmiah Peluang Bisinis Kripik Rumput Laut. Diunduh di : http://research.amikom.ac.id/index.php/STI/article/view/8666 Pada tanggal : 21 September 2016. Pukul : 10.41 WITA

Dolorosa TM, Nurjanah, Purwaningsih S, Effionora A, Hidayat T. 2017. Kandungan senyawa bioaktif bubur rumput laut Sargassum plagyophyllum dan Eucheuma cottonii sebagai bahan baku krim pencerah kulit.Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia. 20(3): 633-644.

Dangkua, S.W. 2013. Karakteristik Organoleptik dan Kimiawi Produk Stik Rumput Laut. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Daha, La Rancangan Percobaan Untuk Bidang Biologi dan Pertanian Teori dan Aplikasinya. Masagena Press. Makasar

Gasper, V. 1994. Metode Rancangan Percobaan. Armoco. Bandung.

Kartika GF. 2014. Keripik dan Stik Rumput Laut Mercon Khas Lombok. Program Kreatifitas Mahasiswa. Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas teknologi pangan dan agroindustri. Universitas Mataram.

Rajagukguk, M.M. (2009). Analisis Daya Saing Rumput Laut Indonesia di Pasar Internasional. [Skripsi]. Fakultas Teknologi Pertanian. IPB. Bogor.

Retnowati,N. (2011). Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Rangka Peningkatan Hasil Laut. Workshop Pemetaan Kemampuan Penguasaan Teknologi Industri, Jakarta, 24 November 2011. Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sanger G, Kaseger BE, Rarung LK, Damongilala L. 2018. Potensi beberapa jenis rumput laut sebagai bahan pangan Fungsional, sumber pigmen dan antioksi dan alami. Jurnal JPHPI Volume 21 (2): 207 – 217

Sinurat E, Murdinah, Utomo BSB. 2006. Sifat fungsional formula kappa dan iota karaginan dengan gum. J. Pascapanen dan Bioteknologi Kelautandan Perikanan 1: 1-8.

Hasanah R. 2017. Pemanfaatan Rumput Laut (Glacilaria sp.) dalam Peningkatan Kandungan Serat Pangan Pada Sponge Cake. [Skripsi]. Teknologi Hasil Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Winarno. 1991.Kimia Pangan dan Gizi. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wisnu R dan Rachmawaty D, Analisa Komposisi Nutrisi Rumput Laut (Euchema Cottoni) Di Pulau Karimunjawa Dengan Proses Pengeringan Berbeda. eprints.undip.ac.id/20602/1/artikel rumput laut.doc [09 Mei 2013]

Widjanarko, S. 2008. Tepung Ubi Jalar dan Komposisi Kimianya. (online)(http://simonbwidjanark o.wordpress.com. Diakses 08 Oktober 2016).

Downloads

Published

2019-07-25

How to Cite

Badarudin, M. I. (2019). Pengolahan Cemilan Stick Rumput Laut (Eucheuma Cottoni) Dengan Konsentrasi Tepung Terigu Berdasarkan Nilai Organoleptik. Jurnal Riset Perikanan Dan Kelautan, 1(1), 14–25. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jrpk/article/view/507