IMPLEMENTASI PROGRAM-PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SD YPK 2 IMMANUEL KAMPUNG BARU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI

Authors

  • Marice Awairaro Mahasiswa
  • Sundari
  • Faija Musa’ad SD Inpres 21 Kota Sorong

Keywords:

Literasi;Numerasi;Program Kampus mengajar,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa SD YPK II Immanuel Kampung Baru dalam hal literasi dan numerasi. Observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi di sekolah tersebut sangat rendah, dengan hasil pretest menunjukkan hanya 5% jawaban benar untuk masing-masing tes.Untuk mengatasi masalah ini, kami mengimplementasikan program-program Kampus Mengajar yang fokus pada pembelajaran literasi dan numerasi, dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam kedua bidang tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengimplementasikan program-program tersebut, kemampuan siswa meningk   at secara signifikan. Pada awalnya, hasil pretest hanya menunjukkan 5% jawaban benar untuk literasi dan numerasi. Namun, setelah program dilaksanakan, hasil posttest menunjukkan peningkatan sebesar 28% untuk literasi dan 22% untuk numerasi. Ini menunjukkan bahwa program-program yang kami terapkan berhasil meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dengan baik..

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Awairaro, M., Sundari, & Musa’ad, F. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM-PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SD YPK 2 IMMANUEL KAMPUNG BARU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI . LIMIT : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 96–106. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jpm/article/view/3390

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.