Efektifitas Kepemimpinan Lurah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Di Kelurahan Walawili Distrik Aimas Kabupaten Sorong

Authors

  • Irianti Umbingo Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ana Lestari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Laila Qadriyani Malikin Rumakat Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.498

Keywords:

Efektifitas, Kepemimpinan, Kesejahteraan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektifitas Kepemimpinan Lurah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Kelurahan Walawili Distrik Aimas Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif analisis, kemudian dalam penelitian ini dilakukan penarikan sampel dengan menggunakan teknik penarikan sampel purposif Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Lurah dan seluruh Staf Kelurahan Walawili D istrik Aimas Kabupaten Sorong serta beberapa masyarakat warga kelurahan Walawili. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan studi lapangan melalui observasi dan Wawancara. Data di analisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk diskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Efektifitas Kepemimpinan Lurah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Kelurahan Walawili Distrik Aimas Kabupaten Sorong cukup bagus atau efektif. Namun dari beberapa temuan dari hasil penelitian menunjukan bahwa masih rendahnya perilaku kepemimpinan Lurah di dalam membantu memajukan karir bawahan, masih kurangnya peran masyarakat dan masih kurang jelasnya perincian program didalam penyusunan kegiatan pembangunan untuk kesejahteraan desa.

References

Antoni, F, 2006.Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orientasi Tugas dan Orientasi Hubungan terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya pada Prestasi Kerja Pegawai Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya, [Tesis], Program Pascasarjana, Universitas 17 Agustus: Surabaya.

Aritonang, K. T, 2005.Kompensasi Kerja, DisiplinKerja Guru dan Kinerja Guru SMP Kristen BPK Penabur, Jakarta, Jurnal Pendidikan Penabur - No,04 / Th,IV/ Juli 2005.

Blanchard, Miller, 2005. The Secret-Rahasia Kepemimpinan, Jakarta, Elex Media Komputindo.

Bolden, R., Gosling, J., Marturano, A. and Dennison, P, 2003. A Review of Leadership Theory and Competency Frameworks. Centre for Leadership Studies, University of Exeter. UK.

Barata, Atep Adya, 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Creswell, John W, 2002. Researh Design. Quanlitative&Quantitative Approaches. New York: Sage Publication, Inc.

Chourmain, Imam, 2003. Manajemen Pelayanan Publik.Jakarta: Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dwiyanto, Agus, 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press. Cetakan pertama.

Darwin, Muhadjir, M, 2005. Memanusiakan Rakyat : Penanggulangan Kemiskinan Sebagai Arus Utama Pembangunan. Yogyakarta :Benang Merah

Djohan, Djohermansyah, 2003. Kebijakan Otonomi Daerah 1999.Jakarta: Yasrif Watampone.

Higgs, M, 2003. How can we make sense of leadership in the 21st century?, Leadership and Organi Organizational Development Journal, hal. 273-284.

Hendel, Tova, Miri Fish &VeredGalon, 2003.Leadership style and choice of strategy in conflict Managemen tamong Israeli nurse managers in general hospitals, International Education Journal, Vol. 4 No. 3, 2003, http://www.iej.cjb.net.

Hamlin, R, 2007. Developing effective leadership behaviours: the value of evidence based Management, Business Leadership Review IV:IV October 2007, UK.

Kerlinger, Fred N, 2000. Azas-azas Penelitian Behavioral. Alih Bahasa Landung R Simatupang. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Edisi Ketiga.

Kartono, Kartini, 2001. Pemimpin dan Kepemimpinan. Cetakan Kesembilan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosda karya- Cetakan Kesebelas.

Muchji, Moch dan B. Suko Priyono, 2011. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan Yang Di moderasi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Telaah Managemen, Vol.1 Edisi 2, hal. 236- 256.

Nawawi, 2003 Kepemimpinan Menggerakkan Organisasi, UGM Pr: Yogyakarta.

Nawawi, Hadari, dan Hadari, Martini.2003. Kepemimpinan Yang Efektif, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press, Cetakan Pertama.

Ndraha, Taliziduhu, 2003. Metodologi Pemerintahan Indonesia, Cetakan III, Jakarta: Bina Aksara, hlm 57.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung:Alfabeta. Edisi Ke-12.

Widjaja, HAW. 2005. Penyelenggaraan Otonomi Di Indonesia.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yukl, Gary A, 2000.Managerial Leadership: A Review of Theory and Research, Journal of Manage ment, hal. 251-289.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Umbingo, I., Lestari, A., & Rumakat, L. Q. M. (2019). Efektifitas Kepemimpinan Lurah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Di Kelurahan Walawili Distrik Aimas Kabupaten Sorong. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 188–200. https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.498

Issue

Section

Articles