PERAN MUHAMMADIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOKODA DI KOTA SORONG

Authors

  • Karsiman, Edyanto

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v4i1.360

Abstract

Muhammadiyah merupakan organisasi keagamaan dengan senantiasa berpegang pada amar ma’ruf nahi munkar terbukti telah berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat baik dalam bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun sosial kemasyarakatan lainnya. Kondisi komunitas kokoda miskin dan sangat memprihatinkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana Peran Muhammadiyah dalam Pemberdayaan Masyarakat Kokoda Kota Sorong. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang dihimpun nantinya melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Muhammadiyah dalam pemberdayaan masyarakat kokoda di Kota Sorong belum optimal meskipun telah memiliki berbagai amal usaha yang cukup dikenal di Kota Sorong. Hal tersebut terlihat dari pemberdayaan yang dilakukan oleh Persyarikatan Muhammadiyah terhadap masyarakat masyarakat kokoda di Kota Sorong hanya berupa pembagian paket sembako pada bulan puasa. Pemberian beasiswa lazismu yang diberikan kepada mahasiswa kokoda belum sepenuhnya dinikmati oleh mahasiswa kokoda. Hal ini terlihat hanya satu mahasiswa masyarakat kokoda yang mendapatkan beasiswa lazismu, padahal masih banyak mahasiswa kokoda yang membutuhkan beasiswa dari lazismu.Olehnya itu diharapkan adanya optimalisasi peran Muhammadiyah dalam pemberdayaan Masyarakat Kokoda di Kota Sorong.

References

Abdurrahman, Asjmuni. 2000 Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Abdul Jabbar, Umar. 2007 Peran Muhammadiyah dalam Pemberdayaan Civil Society Pasca Reformasi. Semarang: IAIN Walisongo

Adi, IR. 2003. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. (Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hidayat, Syamsul dan Shobahiya, Mahasri. 2009. Studi Kemuhammadiyahan. UMS: Lembaga Pengembangan Ilmu-Ilmu Dasar.

Hikmat, H. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama.

Najiyati, Sri.et.al.2005. Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor. Wetlands International – Indonesia Programme dan Wildlife Habitat.

Nashir, Haedar. 2010. Muhammadiyah Gerakan Pembaharuan. Yogyakara: Suara Muhammadiyah.

Rahman, Hafidh Arif. 2015. Peran pimpinan Cabang Muhammadiyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Masyarakat Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Skripsi. IAIN Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Rais, M. (2011). Islam dan Kearifan Lokal (Dialektika Faham dan Praktik Keagamaan Komunitas Kokoda-Papua Dalam Budaya Lokal). Jurnal Hikmah, 8 (1).

Suharto,Edi.2005.Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung : PT Refika Aditama Tjokrowinoto

Sumodiningrat, G. 2007. Pemberdayan Sosial. Kajian Ringkas tentang Pembangunan Manusia Indonesia. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Sumodiningrat, G. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial Jakarta: Gramedia.

Zubaedi. 2007. Wacana Pembangunan Alternatif. Ragam Perspektif Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Verawati, Tuti. 2003. Peran Pemerintahan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Makassar.

Downloads

Additional Files

Published

2019-01-12

How to Cite

Edyanto, K. (2019). PERAN MUHAMMADIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOKODA DI KOTA SORONG. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.33506/jn.v4i1.360