ANALISIS MOTIVASI GENERASI MUDA DALAM MELAKUKAN PERILAKU MENYIMPANG (STUDI KASUS PERILAKU SEKS PRANIKAH DI DISTRIK MALAIMSIMSA KOTA SORONG)

Nurhidaya Nurhidaya(1),
(1) 

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Jurnal Noken

DOI : https://doi.org/10.33506/jn.v2i1.23

Full Text:    Language : id
Submitted : 2017-11-19
Published : 2017-11-19

Abstract


Penelitian ini didasari keinginan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam mengenai perilaku seks pranikah pada generasi muda khususnya mahasiswa yang ada di Distrik Malaimsimsa Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan siapa subjek yang ada dalam posisi terbaik untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. Sumber data diperoleh melalui penyebaran angket kepada mahasiswa dan wawancara mendalam bersama tokoh agama serta tokoh masyarakat yang ada di Distrik Malaimsimsa Kota Sorong. Perilaku seks pranikah saat ini sudah menjadi fenomena pada generasi muda khususnya mahasiswa yang ada di Distrik Malaimsimsa Kota Sorong. Adapun motivasi mahasiswa melakukan perilaku seks pranikah diantaranya adalah atas dasar rasa cinta, hubungan yang dijalani sudah lama serta adanya unsur takut kehilangan. Selain motivasi, seks pranikah juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor interaksi dengan teman dan pemilik rumah sewa (kost), lingkungan dan media, serta kurangnya control dan kunjungan orang tua, sehingga mahasiswa dapat melakukan segala sesuatunya dengan bebas termasuk perilaku  pranikah. Maraknya seks pranikah yang dilakukan oleh generasi muda tersebut juga menimbulkan dampak tersendiri bagi pelakunya. Adapun dampak dari perilaku seks tersebut diantaranya adalah kehamilan di luar pernikahan, Terinfeksi penyakit seksual, membuat seseorang menjadi seksual person, yaitu ada saatnya ia merasakan ingin melakukannya kembali, pengguguran janin/aborsi, serta Perasaan takut ditinggal pasangan karena mereka merasakan ikatan yang sulit untuk dilupakan dan dilepas dengan pasangan yang sudah mengambil virginitasnya. Dalam hal ini selain orang tua dan lingkungan, pemerintah juga dituntut agar lebih serius dalam menyikapi kasus tersebut. Misalnya, dengan cara seringnya melakukan sosialisai seperti sosialisasi tentang program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR), program ini tidak lain sebagai antisipasi meningkatnya perilaku seks bebas  di kalangan generasi muda saat ini.


References


Anna Salisa, 2010. Perilaku Seks Pranikah Di Kalangan Remaja (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perilaku Seks Pranikah Di Kalangan Remaja Kota Surakarta. Skripsi diterbitkan. Surakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universias Sebelas Maret.

Burhan Bungin, 2011. Penelitian Kualitatif, Kencana : Jakarta

Budirahayu, Tuti, 2009. Sosiologi Perilaku Menyimpang. PT.Revka Petra Media : Surabaya

Doyle Paul Johnson, 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jilid 1. Terjemahan Robert MZ Lawang. Gramedia : Jakarta

George Ritzer, 2010. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. PT RajaGrafindo Persada : Jakarta

George Ritzer, 2003. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Ed.1, Cet.4. PT RajaGrafindo Persada : Jakarta

Kasmawati. 2014. Seks Bebas Dikalangan Mahasiswa Kost Kelurahan Tanjung Ayun Sakti. Skripsi diterbitkan. Tanjung Pinang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Michail Reiss & J. Mark Halstead, 2006. Pendidikan Seks Bagi Remaja. Alenia Press : Yogyakarta

Soerjono Soekanto, 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. PT RajaGrafindo Persada : Jakarta

Sosiator, 2015. Paradigma Perilaku Sosial. (Online) http://sosiatoris.mywapblog.com/teori-paradigma-perilaku-sosial.xhtml (diakses pada tanggal 01 Agustus 2016)

T.O. Ihromi, 2004. Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia : Jakarta

Ulber Silalahi, 2012. Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama : Bandung

Wikipedia Bahasa Indonesia, 2016. Remaja. (online) https://ms.m.wikipedia.org/wiki/Remaja (diakses pada tanggal 29 juli 2016)

Wikipedia Bahasa Indonesia, 2016. Negara Sekuler. (online) https://id.m.wikipedia.org/wiki/Negara_sekuler (diakses pada tanggal 26 Juli 2016)

Wikipedia bahasa Indonesia, 2016. Interaksi Sosial. (online) https://id.m.wikipedia.org/wiki/Interaksi_sosial (diakses pada tanggal 04 Agustus 2016)


Article Metrics

 Abstract Views : 84 times
 PDF Downloaded : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.