KAJIAN POTENSI PENGEMBANGAN EKOWISATA SEBAGAI PENDEKATAN TERAPI HUTAN, PENGHILANG STRES.

Authors

  • Natasya Virginia Leuwol UNIVERSITAS VICTORY SORONG
  • Rona Patricia Sibarani Universitas Victory Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v6i1.1088

Keywords:

Ekowisata, Hutan Mangrove, Stres dan, Terapi hutan

Abstract

Padatnya rutinitas masyarakat di perkotaan dengan tingkat aktivitas yang tinggi dapat menimbulkan seseorang mengalami ketegangan dan tekanan problematika. Hal ini harus segera diatasi, jika tidak, akan menimbulkan tekanan jiwa (stres). Ketika seseorang mengalami stres, faktor lingkungan sekitar sangat berperan dalam menjalani proses penyembuhan. Seseorang sangat membutuhkan wadah atau tempat yang sangat mendukung untuk cepat sembuh, tempat yang memberikan rasa batin yang tenang dan nyaman, tempat dimana seseorang bebas bergerak melakukan hal–hal yang membuat seseorang aktif dan menyenangkan. Konsep terapi hutan menawarkan kegiatan penyembuhan dan penghilang stres, dengan menyuguhkan atraksi alam sebagai komponen utama penunjang terapi. Ekowisata adalah, bentuk wisata yang bertanggung-jawab terhadap kelestarian area yang masih alami, memberi manfaat bukan hanya secara ekonomi, namun juga dapat  memberi manfaat secara sosial psikologi dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini, peneliti hendak mengkaji potensi pengembangkan ekowisata, sebagai bentuk terapi hutan, penghilang stres, di kawasan wisata hutan Mangrove, kota Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif analisis kualitatif, yaitu dengan cara penggambaran atas seluruh rangkaian kegiatan penelitian sejak dari tahap proses pencarian data, analisa data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menjadi salah satu sumber rekomendasi bagi pihak-pihak pengambil kebijakan, khususnya bagi Pemerintah, untuk pengembangan ekowisata, khususnya hutan mangrove, dan bagi tim medis atau pihak konselor sebagai salah satu bentuk terapi hutan, yang dapat menyembuhkan dan mengatasi kondisi stress, sehingga masyarakat bisa menjadi sehat dan sejahtera.

References

Alfira, Rizky. (2014). Identifikasi Potensi dan strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove pada Kawasan Suaka Margasatwa Mampie di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Makasar: Universitas Hasanuddin, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.Jurusan Ilmu Kelautan.

Brecht,G. (2000). Mengenal dan Menanggulangi Stres. Jakarta: Prenhallindo.

Damanik,J. dan H.F.Weber. (2006). Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Evanjeli,A.L. (2012). Evanjeli,A.L.2012 Hubungan Antara Stres, Somatisasi Dan Kebahagiaan. Yogyakarta: Laporan Peneltian. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Faisal, Sanapiah. (2010). Format-Format Penelitian Sosial. Dasar-Dasar dan Aplikasi. Jakarta.: Radja Grafindo Persada.

Fandeli, C dan Muchlison. . (2000). Pengantar Ekowisata. Jogjakarta.: Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. .

Ghufran, M. dan Kordi, K. M,. (2012,). Ekosistem Mangrove : potensi, fungsi, dan pengelolaan. Rineka Cipta. Jakarta. . Jakarta: Rineka Cipta.

Hardjana, A.M. (1999). Stres Tanpa Disstres, Seni Mengolah Stres. Yogyakarta: Kanisius.

M.M.Hansen, R.Jones, and K.Tocchini. (2017). "Shinrin-Yoku (Forest Bathing) and Nature Therapy : A State-of-the Art Review. International Journal of Environmental Research and Public Health , no.2, pp. 1-48.

Matther P.White. (2019). Scientific Report , Volume 9 edisi 12 Juni.

META,. (2002.). Planning for Marine Ecotourism in the UE Atlantic Area. . West England, Bristol.: University of the West England, Bristol.

Sarafino, Edward P. . (1990). Health Psychology. . Health Psychology. Singapore: John Willey & Sons.

Sarwono,S. (2011). Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Shinta. (2017). Pengelolaan Ekowisata Mangrove sebagai penunjang perekonomian masyarakat melalui pendekatan ekologi dan sosial. Shinta (2017), Pengelolaan Ekowisata Mangrove sebagai penunjang perekonomian masyarakat melalui pendekatan ekologi dan sosial : studi kasus man Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.: Universitas Brawijaya Malang.

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-26

How to Cite

Leuwol, N. V., & Sibarani, R. P. (2020). KAJIAN POTENSI PENGEMBANGAN EKOWISATA SEBAGAI PENDEKATAN TERAPI HUTAN, PENGHILANG STRES. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.33506/jn.v6i1.1088