PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19: EVALUASI PENGALAMAN DAN TANTANGAN SISWA

ONLINE LEARNING DURING COVID-19: EVALUATION OF STUDENT EXPERIENCES AND CHALLENGES

Authors

  • Muhammad Fathurrahman Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Abdul Kadir Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Heriyanti Tahang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Agus Salim Ba'diah Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Infrastruktur internet, motivasi siswa, pandemi covid-19, pembelajaran online

Abstract

Pendidikan daring atau online telah menjadi kebutuhan utama dalam pendidikan selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan tantangan pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong, khususnya siswa kelas XII IPA. Melalui metode survei, penelitian ini mengungkap bahwa mayoritas responden memanfaatkan aplikasi WhatsApp dan EduMu dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Meskipun begitu, tantangan utama adalah kualitas sinyal internet yang tidak stabil dan biaya kuota yang menjadi beban siswa. Selain itu, banyak siswa merasa kurang termotivasi dan jenuh dengan sistem pembelajaran daring. Meski demikian, pembelajaran daring memungkinkan fleksibilitas dalam waktu dan tempat, serta membuka peluang untuk mengenal berbagai aplikasi pembelajaran. Namun, kurangnya interaksi sosial dan kontrol siswa menjadi kekurangan yang signifikan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya perbaikan infrastruktur dan metode dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kualitas pendidikan selama dan pasca-pandemi

References

Andiyanto, T. (2021). Pendidikan dimasa covid-19. Raih Asa Sukses.

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021, August). Learning loss dalam pembelajaran daring di masa pandemi corona. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 484-501).

Arifa, Fieke Nurul (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19: Info Singkat, 12(7), 13-18.

Burhanuddin, A. I., Massi, M. N., Thahir, H., Razak, A., & Surungan, T. (Eds.). (2020). Merajut Asa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Pandangan Akademisi UNHAS). Deepublish.

C. Husain, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan,” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, vol. II, no. 2, pp. 184-192, 2014.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

F. H. Chandra dan Y. W. Nugroho, “PERAN TEKNOLOGI VIDEO DALAM,” DINAMIKA TEKNOLOGI, vol. I, no. 8, pp. 15-20, 2016.

Kahar, M. S., Arsyad, R. B., Fathurrahman, M., DJafar, H., Hulukati, W., & Husain, A. K. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogika, 13-20.

Kango, R., & Ghozi, S. (2019, December). Tantangan pembelajaran E-Learning di perguruan tinggi. In SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora) (Vol. 1, No. 1, pp. 137-144).

Khasanah, K. (2021). Efektifitas Media Whatsapp Group Dalam Pembelajaran Daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 47-75.

Murtiyanto, W. A. (2022). Potensi Platform Whatsapp Group sebagai Media Pembelajaran Berbasis TIK di SMP Negeri 8 Salatiga (Doctoral dissertation).

Mustaqim, A. (2017). Pendidikan Humanisme Ki Hajar Dewantara:(Tinjauan dari Sudut Pandang Pendidikan Islam). Tafhim Al-'Ilmi, 9(2).

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703-712.

Rosnaeni, R., & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19: Kasus di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(4), 2241-2246.

Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. (2020). Platform Online Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1338-1349.

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 107-118.

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Muhammad Fathurrahman, Husain, A. K., Tahang, H., & Ba’diah, A. S. (2023). PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19: EVALUASI PENGALAMAN DAN TANTANGAN SISWA: ONLINE LEARNING DURING COVID-19: EVALUATION OF STUDENT EXPERIENCES AND CHALLENGES. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 11–21. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2451