KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS MALAWEI KOTA SORONG

Authors

  • JONDEWAY ANDI HASAN universitas muhammadiyah sorong
  • ARIE PURNOMO Universitas Muhammadiyah Sorong
  • JUVITA ANGELIA PATROUW Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Kata Kunci: Kebijakan, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemerintah daerah terhadap pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Malawei Kota Sorong dan memberikan informasi tentang pelayanan kesehatan masyarakat melalui program pelayanan kesehatan seperti puskesmas yang diterapkan kepada masyarakat di Puskesmas Malawei Kota Sorong.

Hasilnya menunjukkan bahwa Puskesmas sebagai pemberi pelayanan primer yang menjadi andalan utama pelayanan bagi masyarakat, belum mampu memberikan pelayanan bagi daerah kota Sorong. Wilayah kerja puskesmas cukup luas, secara geografis sebagian sulit dijangkau, jumlah penduduk yang sangat banyak, tersebar dalam kelompok-kelompok kecil yang saling berjauhan. Status kesehatan masyarakat dan cakupan pelayanan kesehatan di daerah terpencil perbatasan masih rendah. Masyarakat secara umum belum mempunyai pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan kondisi lingkungan yang kurang baik. Dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan kesehatan dan tercapainya kemampuan masyarakat untuk hidup sehat serta derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

ANDI HASAN, J., PURNOMO, A., & ANGELIA PATROUW, J. (2023). KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS MALAWEI KOTA SORONG. Jurnal Maladum, 1(2), 56–75. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jm/article/view/2617

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)