PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DI SEKITARAN PERUMAHAN KILO METER 14 KELURAHAN KLAMANA KOTA SORONG

Authors

  • Ryzky Dwiyanta Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Achmad Rusdi universitas muhammadiyah sorong
  • Agung Pamudjianto universitas muhammadiyah sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jimats.v2i02.2577

Keywords:

Drainase, Debit Banjir, Metode Gumbel, Metode Rasional

Abstract

Dengan maraknya pembangunan infrastruktur dan perumahan di Kota Sorong maka menimbulkan beberapa dampak negativ antara lain permukaan lahan tidak sesuai sebagaimana mestinya, kemudian menurunnya permeabilitas tanah dan meningkatkan limpasan permukaan (run off). Akibat dari dampak negative tersebut sering terjadinya banjir apabila terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk merencanakan dimensi penampang yang aman dan ekonomis yang ada di sekitaran Perumahan Aqwa dan Griya Perdana Kelurahan Klamana, Kota Sorong. Data primer diperoleh dari pengambilan data langsung di lapangan dan data sekunder diperoleh dari instansi terkait yaitu BMKG Kota Sorong. Metode perhitungan yang digunakan dalam pengolahan data adalah metode gumbel dan menggunakan metode rasional untuk menghitung debit banjir dan menggunakan rumus manning untuk kecepatan saluran. Setelah dilakukannya perhitungan debit dengan periode ulang 2,5,dan 10 tahun maka didapatkan dimensi saluran yang ekonomis untuk saluran utama di sekitar Perumahan Aqwa dan Perumahan Griya Perdana adalaah b = 1,60 meter, h = 1,40 meter, dan m = 0,63 meter dengan penampang melintang saluraan berbentuk trapesium.

References

Google Earth. (2021). Version 9.162.02. ( Software ) Image Landsat.

Kamiana, I made. (2011). Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air, Graha Ilmu Yogyakarta.

Pattimura, Muhammad Shaleh. (2017). Perencanaan Sistem Drainase Sebagai Upaya Penanggulangan Banjir di Jalan Durian Kabupaten Sorong. Universitas Muhammadiyah Sorong.

Rusdin, Sahril. (2018). Evaluasi Kapasitas Drainase Jalan Sriti HBM (Kelurahan Remu Utara Kota Sorong). Universitas Muhammadiyah Sorong.

Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan, Semarang.

Wesli. (2008). Drainase Perkotaan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Ryzky Dwiyanta, Rusdi, A., & Pamudjianto, A. (2023). PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DI SEKITARAN PERUMAHAN KILO METER 14 KELURAHAN KLAMANA KOTA SORONG. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 2(02), 111–120. https://doi.org/10.33506/jimats.v2i02.2577

Most read articles by the same author(s)