ANALISIS KUALITAS AIR SUMUR GALI DI KAMPUNG RAWA SUGI DISTRIK SALAWATI KABUPATEN SORONG

Authors

  • Annisa Putri Lestari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Agung Pamudjianto universitas muhammadiyah sorong
  • Mierta Dwangga universitas muhammadiyah sorong
  • Marina Abriani Butudoka universitas muhammadiyah sorong
  • Achmad Rusdi universitas muhammadiyah sorong

Keywords:

Air Sumur, Kualitas Air, Parameter fisika, Parameter Kimia, Metode Storet

Abstract

Air dapat dikatakan bersih dan baik jika memenuhi beberapa syarat, di antaranya kualitas fisik yang terdiri atas bahan padat terapung maupun terlarut, derajat kekeruhan, bau, warna dan rasa serta temperature. Kualitas kimia yang terdiri atas pH, kesadahan dan alkalinitas, serta kualitas biologi dimana air terbebas dari mikroorganisme penyebab penyakit. Terdapat beberapa persyaratan yang harus di penuhi sebelum air dapat dikatakan bersih dan layak konsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui menganalisis kualitas air sumur gali di kampung Rawa Sugi distrik salawati kabupaten sorong. Penelitian ini dilakukan dengan metode mengumpulkan data primer yaitu pengumpulan pengumpulan data, pengujian sampel parameter fisika dan kimia meliputi 5 pengujian yaitu turbidity, TDS, bau dan rasa, pH dan fe, Untuk sekunder yaitu data peta lokasi (Google Earth 2020). Berdasarkan penelitian dari analisis sampel di 12 titik lokasi pengambilan sampel terdapat 5 titik sampel tidak memenuhi standar baku mutu peremenkes RI No. 32 Tahun 2017, nilai pH  kisaran 4,7 – 6,0 yang mana tidak memenuhi standar baku mutu dengan kosentrasi 6,5 – 8,5 dan nilai fe kisaran 2 – 3 mg/L yang mana tidak memenuhi standar baku mutu dengan kosentrasi maksimum 1 mg/L. Kemudian untuk menentukan status mutu air digunakan metode storet mendapatkan jumlah skor -16 yang mana berdasarkan klasifikasinya dikategorikan air tersebut masuk dalam kelas C yaitu tercemar sedang, karena jumlah skor yang didapat berada pada skor -11 s/d -30

References

Ameilia Dina. (2018). Jurnal : Analisis Kualitas Air Tanah Dangkal (Sumur) Untuk Keperluan Air Minum di Desa Pematang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Lampung : Universitas Lampung.

Badan Standar Nasional. (2008). SNI 6989.58-2008 Metode Pengambilan Contoh Air Tanah.

Joko Wiranto, dkk (2020). Laporan Akhir : Metode Filtrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Air Baku Di Daerah Yang Tercemar Bakteri Coli. Lampung : Universitas Lampung.

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 115 (2003). Tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 (2017), Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum.

Sari Mayang, dkk (2019). Jurnal : Analisis Bau, Warna, TDS, pH, dan Salinitas Air Sumur Gali di Tempat Pembuangan Akhir. Palembang : Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Siti Nurjazuli, (2013). Kualitas Fisik dan Kimia Air Sumur Gali dan Sumur Bor di Wilayah Kerja Puskesmas Guntur II Kabupaten Demak, Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia Vol. 12 No.2.

Srikandi Fajarini. (2014). Analisis Kualitas Air Tanah Masyarakat Di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kelurahan Sumur Batu Bantar Gerbang, Bekasi 2013. Skripsi. universitas Islam Negeri Jakarta.

Suseno Arif (2016). Jurnal : Studi Fisis Kualitas Air Sumur di Sekitar Kawasan Industri Makassar (KIMA). Makassar : Universitas Islam Negeri (UIN) ALAUDDIN Makassar.

Trimurti Sukia Wulan. (2016), Analisis Kualitas Air Sumur Masyarakat Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu (Studi Kasus Air Sumur Warga Kelurahan Lalolara). Skripsi. Universitas Haluoleo Kendari.

Yuliani Emma, dkk (2019). Jurnal : Analisis Sifat Kimia Air Tanah Dangkal Pada Tanah Berkapur di Desa Gamping Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung. Malang : Universitas Brawijaya.

Zahara Rita. (2018). Jurnal : Analisis Kualitas sumber Air Tanah Asrama Mahasiswa UIN AR-RANIRY Banda Aceh Ditinjau Dari Parameter Kimia, Banda Aceh : Universitas Islam Negri AR-RANIRY.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Annisa Putri Lestari, Pamudjianto, A., Dwangga, M., Butudoka, M. A., & Rusdi, A. (2024). ANALISIS KUALITAS AIR SUMUR GALI DI KAMPUNG RAWA SUGI DISTRIK SALAWATI KABUPATEN SORONG. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 3(01), 045–052. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jimats/article/view/3116