PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG THE PLAZA SORONG

Authors

  • Didie Setya
  • Talabudin M. Hatta

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v3i1.10

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang terletak diatas lempengan tektonik, sehingga menjadi rawan gempa, utamanya pada daerah sorong, sehingga untuk mengurangi resiko bencana yang ditimbulkan oleh gempa diperlukan konstruksi yang tahan terhadap gempa. Gedung The Plaza Sorong adalah gedung tertinggi di Papua maupun Papua Barat yang telah dibangun di Kota Sorong. Gedung ini berlokasi di jalan Jendral Ahmad Yani samping kanan Hasrat Abadi Kota Sorong. Desain struktur yang difungsikan sebagai plaza yang menyediakan tempat belanja, rumah sakit dan hotel dalam satu gedung sehingga diharapkan akan mampu melayani kebutuhan domestic, pelayanan kesehatan dan hunian masyarakat  di Kota Sorong maupun diluar Sorong. Dalam tugas akhir ini struktur gedung The Plaza Sorong didesain berdasarkan SRPMK atau Struktur Rangka Pemikul Momen Khusus. Pedoman utama dalam perencanaan ini dipakai SNI beton 03-2847-2002 dan SNI Gempa terbaru 03-1726-2012. Adapun pemodelan yang dibuat dilakukan dengan menggunakan bantuan software Structural Analisis Program (SAP) versi 14 dan Auto Cad. Untuk menganalisis beban gempa pada struktur dilakukan dengan menggunakan metode analisis dinamis. Beberapa item pekerjaan yang diperhitungkan meliputi elemen – elemen utama struktur diantaranya: balok, kolom dan pelat lantai. Dari hasil analisis dan perhitungan menunjukan bahwa struktur gedung The Plaza Sorong aman dan mampu dipertanggung jawabkan secara analitis maupun secara teoritis. Perencanaan ini di analisis dengan menggunakan metode dinamis. Hasil dari analisis ini berupa beban Aksial, Momen dan Geser. 

References

Anugrah Pamungkas dan Erny Harianti, 2009, Gedung Beton Bertulang Tahan Gempa, its Press, Surabaya.

Asroni, Ali, 2010, Balok Dan Pelat Beton Bertulang, Graha Ilmu, Surakarta.

Asroni, Ali, 2010, Kolom Fondasi Dan Balok T Beton Bertulang, Graha Ilmu, Surakarta.

Budi Laksono Hendra. Dan Ricky Christiyanto. 2010. “Prencanaan Struktur Gedung Rusunawa Unismuâ€, Skripsi, Semarang, Program Teknik Sipil, Universitas Katolik Soegijapranata.

Departemen Pekerjaan Umum. 1991, Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Bertulang Untuk Bangunan Gedung,SNI 03-2847-2002, Yayasan LPMB, Bandung.

Harianto Agus. 2011, “ Analisis Kinerja Struktur Pada Bangunan Bertingkat Tidak Beraturan Dengan Analisis Dinamik Menggunakan Metode Analisis Respon Spektrumâ€, Skripsi, Surakarta, Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret.

Juwana, Jimmy S, 2005, Panduan Sistem Bangunan Tinggi, Erlangga, Jakarta.

Kuntardi Yusak dan Agung Heriyanto. 2008, “ Perencanaan Struktur Gedung Steipari Semarangâ€, Skripsi, Semarang, Program Teknik Sipil, Universitas Katolik Soegijapranata.

Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung, SNI 03-1726-12, Badan Standarisasi Nasional, Bandung.

Tavio Benny Kusuma, 2009, Desain Sistem Rangka Pemikul Momen dan Dinding Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa, its press, Surabaya.

Vis, W.C. dan Kusuma, G.H, 1993, Dasar- Dasar Perencanaan Beton Bertulang Berdasarkan SK SNI T-15-1991-03, Seri Beton 1, Erlangga, Jakarta.

Vis, W.C. dan Kusuma, G.H, 1993, Grafik Dan Tabel Perhitungan Beton Bertulang Berdasarkan SK SNI T-15-1991-03, Erlangga, Jakarta

Downloads

Published

2017-11-20

How to Cite

Setya, D., & Hatta, T. M. (2017). PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG THE PLAZA SORONG. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 3(1). https://doi.org/10.33506/rb.v3i1.10