Pengenalan Alat Tangkap Bubu Lipat untuk Meningkatkan Pendapatan Nelayan di Perairan Atapupu Desa Kenebibi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur

Authors

  • Masrurah Ismail Universitas Pertahanan
  • Muhammad Afrisal Universitas Pertahanan
  • Ahmad Yani Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i2.3359

Keywords:

Kepiting bakau, bubu lipat, nelayan, Atapupu

Abstract

Kepiting bakau merupakan komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan diminati oleh masyarakat. Namun, penangkapan kepiting bakau di wilayah Atapupu menghadapi kendala karena sebagian besar nelayan Atapupu masih melakukan penangkapan tanpa menggunakan alat bantu. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan pengenalan alat tangkap bubu lipat kepada nelayan Atapupu. Pengetahuan tentang konstruksi dan metode pengoperasian alat tangkap ini masih rendah di kalangan nelayan. Pengenalan alat tangkap bubu lipat diharapkan dapat menambah pengetahuan, meningkatkan produktivitas hasil tangkapan nelayan, mendukung peningkatan pendapatan dan taraf hidup nelayan di Perairan Atapupu. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu pada bulan Desember 2023 di Kakuluk Mesak. Selain itu, pengenalan teknologi alat tangkap yang ramah lingkungan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nelayan terhadap penggunaan alat tangkap sesuai dengan target tangkapan. Respons positif dari kelompok nelayan menunjukkan bahwa kegiatan ini dianggap memberikan dampak positif, terutama dalam menambah pengetahuan nelayan terhadap alat tangkap ramah lingkungan guna meningkatkan produktifitas hasil tangkapan dan mengurangi tingkat kecelakaan kerja dalam penangkapan kepiting.

References

Edrus NI, Amran RS. 2004. ANALISIS HASIL TANGKAPAN RAKANG DAN BUBU PADA PERCOBAAN PENANGKAPAN KEPITING DI PERAIRAN MANGROVE MALUKU. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia Sumber Daya dan Penangkapan. 10(4): 77-86.

Pradenta BG, Pramonowibowo, Asriyanto. 2014. PERBANDINGAN HASIL TANGKAPAN BUBU LIPAT DENGAN BUBU LIPAT MODIFIKASI TERHADAP HASIL TANGKAPAN KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI EKOSISTEM MANGROVE SAYUNG, DEMAK. Jurnal Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. 3(2): 37-45.

Suryono CA, Irwani, Rochaddi B. 2016. PERTAMBAHAN BIOMASA KEPITING BAKAU SCYLLA SERRATA PADA DAERAH MANGROVE DAN TIDAK BERMANGROVE. Universitas Diponegoro. Semarang. Jurnal Kelautan Tropis. 19(1): 76-80.

Siringoringo YN, Desrita D, Yunasfi Y. 2017. KELIMPAHAN DAN POLA PERTUMBUHAN KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI HUTAN MANGROVE KELURAHAN BELAWAN SICANANG, KECAMATAN MEDAN BELAWAN, PROVINSI SUMATERA UTARA. Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal. 4(1):26-32.

Tahmid, Fahrudin A, Wardiatno Y. 2015. KAJIAN STRUKTUR UKURAN DAN PARAMETR POPULASI KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI EKOSISTEM MANGROVE TELUK BINTAN, KEPULAUAN RIAU. Jurnal Biologi Tropis. 15(2): 93-106.

Published

2024-07-09