Meningkatkan Kesiapsiagaan dan Mitigasi Risiko Bencana Terkait Dampak Reklamasi dan Gempa

Authors

  • Asrul Saputra
  • Slamet Widodo Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Retno Puspa Rini
  • Riskawati
  • Hendrik Pristianto
  • Rusmin Rahman
  • Herlina Arifin universitas muhammadiyah sorong
  • Muhammad Nur Fajar
  • Alfina Maysyurah

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i1.2888

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya Meningkatkan Kesiapsiagaan Dan Mitigasi Risiko Bencana Terkait Dampak Reklamasi Dan Gempa di lingkungan kelurahan Rufei. Selain itu, memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait apa saja dampak negative maupun positif dari reklamasi pantai dan juga memberikan pemahan bagaimana cari bertindak atau langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan ketika masyarakat sedang berada dalam situasi gempa. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah masyarakat bukan saja dapat benar-benar memahami, tetapi sangat diharapkan bahwa masyarakat juga dapat menerapkannya.

References

Alamsyah, I. (2021). KKP Temukan 4 Lokasi Reklamasi Pantai di Sorong tanpa Izin. Ekonomi.Republika.Co.Id.

KompasTV Sorong. (2021, June 10). Lahan Reklamasi 19,7 Hektar Sudah Layak Dibangun Pusat Bisnis Di Sorong. Kompas.Tv.

Permana, H., & Gaol, K. L. (2018). SESAR GESER SORONG SEGMEN SORONG-KOFIAU, PAPUA BARAT, INDONESIA: BUKTI DARI DATA BATIMETRI DAN SBP. JURNAL GEOLOGI KELAUTAN, 16(1), 37–50.

Edyanto, CB Herman. 2016. "FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PROSES REKLAMASI UNTUK MENGANTISIPASI BENCANA LINGKUNGAN PANTAI." Jurnal Sains dan Teknologi Mitigasi Bencana Vol. 11, No. 1.

Sasmita, Zikri Alhadi & Siska. 2014. "KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT KOTA PADANG DALAM MENGHADAPI RESIKO BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI BERBASIS KEARIFAN LOKAL." HUMANUS, VOL. XIII NO. 2 168-179.

Prof. B. Kombaitan, dkk. 2014. PEDOMAN INTEGRASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TSUNAMI DALAM PENATAAN RUANG. BANDUNG: INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG.

Nisa, Fachricatun. 2014. Manajemen Penanggulangan Bencana Banjir, Putting Beliung, dan Tanah Longsor di Kabupaten Jombang. JKMP. Vol. 2. No. 2. September 2014.

Ristrini. Rukmini. Oktarina. 2012. Analisis Implementasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan di Provinsi Sumatera Barat. Buletin Penelitian Kesehatan. Vol. 15. No. 1. 2012.

Tukino. 2013. Pekerjaan Sosial dalam Setting Kebencanaan. Share: Social Work Journal Vol 3. No. 2. September 2013.

Fedryansyah, Muhammad. 2018. "PENANGGULANGAN BENCANA DI MASYARAKAT DESA STUDI DI DESA CIPACING, DESA CILELES, DAN DESA CIKERUH KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG." Share: Social Work Jurnal, Vol. 8, No. 1 11-16.

Published

2023-01-06

Issue

Section

Articles