Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa SMPN 1 Saonek Raja Ampat

Authors

  • Heriyanti Tahang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ihsan Febriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Mumtahanah Ngelo Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.1410

Keywords:

Pendampingan, Bahasa Inggris, Saonek.

Abstract

Berdasar pada data observasi awal, sebagai Sekolah yang hanya memiliki satu guru Bahasa Inggris Aktif dan kurangnya motivasi belajar Bahasa Inggris siswa di SMP N 01 Saonek menjadi salah satu alasan pelaksanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini. Program ini dilaksanakan dalam tiga bentuk kegiatan yaitu penyuluhan pendidikan, mengajar bahasa Inggris di sekolah dan English fun day. Program ini bertujuan menumbuhkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa SMP N 1 Saonek Raja Ampat. Seluruh siswa sekolah menjadi  peserta dalam program ini, 43 siswa yang tersebar di tiga tingkatan kelas. Diantaranya 13 siswa di Kelas 1, 15 siswa di Kelas 2 dan 15 siswa di kelas 3. Program ini dilaksanakan oleh dosen bersama 25 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sorong. Penyuluhan pendidikan merupakan salah satu bentuk agenda pembuka yang bertujuan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya mempelajari bahasa Inggris.  Program kedua adalah mengajar bahasa Inggris setiap hari di sekolah. Terakhir, English fun day yang diadakan setiap sore hari di sekitar pantai. Hasil dari program pengabdian ini menunjukkan bahwa program ini cukup berhasil dilihat dari antusiasme peserta didik selama mengikuti program-program yang telah disebutkan diatas. Antusiasme partisipasi aktif dari peserta didik ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris yang tadinya kurang tertarik hingga akhirnya tertarik belajar bahasa Inggris. Selain itu, program ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam dalam mempraktekkan ilmu yang dipelajari dalam perkuliahan.

References

Febriani, R. B., Rustandi, A., & Sugiarto, B. R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Dan Remaja Pra-Sejahtera Untuk Mendukung Kegiatan Pariwisata Situ Lengkong Panjalu. Abdimas Galuh, 1(1), 94. https://doi.org/10.25157/ag.v1i1.2919

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Purwananti, Y. S. (2016). Pendampingan Students’ English Club SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 56–58.

Sigit Widiyarto, S. S. (2015). Peranan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Guna Peningkatan Daya Saing SDM Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean ). Journal of Applied Business and Economics, 2(2), 193–201.

Sujarwo, & Akhiruddin. (2020). Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 55–65.

Syahadati, E., Kusumaningsih, C., Anita, F., & Darajat, A. (2020). Pendampingan Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Media Interaktif Bagi Anak-Anak Di Panti Asuhan Uswatun Hasanah Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 159. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1480

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)