Pelatihan Strategi Pemasaran Daring Produk Daur Ulang Sebagai Alternatif Penghasilan Tambahan

Authors

  • Frank Aligarh UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.1394

Keywords:

Pandemi Covid 19, Pemasaran Daring, Pengabdian Masyarakat, E-Commerce

Abstract

Kondisi perekonomian yang memburuk akibat Covid 19 menyebabkan banyaknya tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan. Keterbatasan kemampuan pemerintah dalam membantu semua masyarakatnya menjadi perhatian bagi setiap masyarakat untuk saling membantu. Momentum perkembangan teknologi di masa pandemi yang berjalan lebh cepat dari perkiraan seharusnya menjadi kunci dalam menemukan alternatif penghasilan baru. Komunitas Bank Sampah Berkah Cakrawala di Desa Ngancar, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri telah mengambil peran dalam menciptakan alternatif penghasilan baru dari produk daur ulang sampah. Walaupun demikian masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi diantarannya adalah lokasi Kecamatan Giriwoyo yang tidak strategis secara pasar untuk produk barang bekas, kemamupuan menjual dari para pelaku usaha barang bekas, dan tidak memahami strategi pemasaran secara daring dengan baik. Dari permasalahan tersebut kemudian dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu pendampingan strategi pemasaran daring melalui e-commerce. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu persiapan, implementasi, dan evaluasi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pemasaran bagi masyarakat Desa Ngancar terkait dengan pemasaran secara daring terutama produk daur ulang, serta memberikan alternatif ide-ide bisnis dan produk yang bisa diperjualbelikan.

 

Author Biography

Frank Aligarh, UIN Raden Mas Said Surakarta

Department of Sharia Accounting

References

Aligarh, F. (2017). Pengitegrasian Model Ekspektasi Konfirmasi, Keadilan, Kepercayaan dan Ketanggapan Persepsian Dalam Menjelaskan Perilaku Keluhan Di Situs Belanja Online. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 2(2).

Hussein, L. A., Baharudin, A. S., Jayaraman, K., & Kiumarsi, S. H. A. I. A. N. (2019). B2B e-commerce technology factors with mediating effect perceived usefulness in Jordanian manufacturing SMES. Journal of Engineering Science and Technology, 14(1), 411-429.

Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.

Rimadias, S., Herlambang, A. S., Muladi, A., & Dharma, H. E. (2021). The role of E-WOM in social media on purchase intention on the Shopee e-commerce platform in Indonesia. In Synergizing Management, Technology and Innovation in Generating Sustainable and Competitive Business Growth (pp. 93-98). Routledge.

Wu, L. (2013). The antecedents of customer satisfaction and its link to complaint intentions in online shopping: An integration of justice, technology, and trust. International Journal of Information Management, 33(1), 166-176.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles