Analisa Resiko Bahaya Berdasarkan K3 Pada Proses Pemanenan Biji Kelapa Sawit Dengan Metode Hazard Studi Kasus PT. Henrison Inti Persada

Authors

  • Umar - Marasabessy UM SORONG
  • Irman - Amri UM SORONG
  • Tadius - Krenak UM SORONG

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v4i1.984

Keywords:

Pemahaman Persepsi, Sikap Masyarakat, BSPS.

Abstract

Salah satu input yang memegang peranan penting dalam pencapaian produktivitas adalah sumber daya manusia yang terlibat dalam proses bisnis tersebut (pekerja). Pekerja yang melakukan kerja berlebihan bahkan sampai mengalami kelelahan dan kejenuhan kerja akan mengakibatkan berimbasnya penurunan tingkat produktivitas kerja. Tujuan dari penelitian ini mengetahui proses pemanenan biji kelapa sawit dan mengidentifikasi serta menganalisis resiko bahaya keamanan dan keselamatan kerja pemanenan kelapa sawit, menggunakan metode Hazard.
Hasil yang diperoleh Proses pemanenan biji kelapa sawit melalui 3 tahap yang pertama proses pengambilan biji kelapa sawit dari pohon, yang kedua menaruh ke keranjang untuk dibawa ke penampungan, dan yang ketiga proses loding ke truk pengangkut. Penilaian resiko mendapatkan dua kategori yaitu : Moderate Risk (bahaya sedang) dan Trolerble Risk ( bahaya ringan) yang mana dapat menimbulkan bahaya yang fatal apabila di lakukan terus menneruskan.

References

Artia tamado sitorus (2009) dengan judul : Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Tahun 2009 (Studi Kasus Di Unit Utility Pt. Sk. Keris banten).

Kiki Rizki Amir Roehan, Yuniar, Arie Desrianty (2014), dengan judul : Usulan Perbaikan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (Smk3) Menggunakan Metode Hazard Identification And Risk Assesment (Hira).

Murdiyono (2016) dengan judul : Identifikasi Bahaya, Penilaian Dan Pengendalian Risiko Di Bengkel Pengelasan Smk N 2 Pengasih.

Septia wulandari (2011) dengan judul : Identifikasi Bahaya, Penilaian, Dan Pengendalian Risiko Area Produksi Line 3 Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Di Pt. Coca Cola Amatil Indonesia Central Java.

Yustitia febriana (2010) dengan judul : Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Resiko Pada Proses Kerja Di Area Washing Ut Reman Jakarta Pt. United Tractors Tbk, Cakung Jakarta Timur.

Downloads

Published

19-03-2018

How to Cite

Marasabessy, U. .-., Amri, I. .-., & Krenak, T. .-. (2018). Analisa Resiko Bahaya Berdasarkan K3 Pada Proses Pemanenan Biji Kelapa Sawit Dengan Metode Hazard Studi Kasus PT. Henrison Inti Persada. Metode : Jurnal Teknik Industri, 4(1), 7–10. https://doi.org/10.33506/mt.v4i1.984