The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Terminal pasar bersama merupakan terminal yang digunakan oleh dinas perhubungan untuk digunakan sebgaai tempat atau lokasi pelayanan angkutan pengantaran bagi masyarakat papau yang berada di daerah kota sorong. Khusu tujuan kabupaten maybrat dan kabupaten teminabuan. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui model sistem dan disiplin antrian mobil angkutan antar kabupaten di terminal pasar bersama dan untuk mengahtahui kinerja sistem antrian mobil angkutan antar kabupaten di terminal pasar bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian simulasi sistem antrian pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kinerja sistem antrian yang sedang digunakan atau yang akan disimulasikan berdasarkan hasil uji distribusi poisson dan eksponensial. Kesimpulan dari penelitian ini Kinerja sistim antrian nyata mobil angkutan maybrat menggunakan model sistem antrian (M/M/1):(FIFO/-/-) atau single chanel-single phase. Dan dari hasil analisis data model antrian nyata (model pelayanan tunggal) diketahui bahwa dengan rata-rata tingkat kedatangan (πœ†) sebesar 87,6154 penumpang/menit dan rata-rata tingkat pelayanan (πœ‡) sebesar 142,801 penumpan/menit, sehingga penumpang yang mendapatkan pelayanan sebanyak 139 penumpang, dengan jumlah baris antrian sebanyak 1 penumpang, dengan waktu yang dihabiskan satu penumpang dalam antrian sampai dilayani dan pelayanan 0 menit, dan probabilitas factor pelayanan antrian 61,34% dan Kinerja sistim antrian nyata mobil angkutan teminabuhan menggunakan model sistem antrian (M/M/1):(FIFO/-/-) atau single chanel-single phase. Dan dari hasil analisis data model antrian nyata (model pelayanan tunggal) diketahui bahwa dengan rata-rata tingkat kedatangan (πœ†) sebesar 53,8621 penumpang/menit dan rata-rata tingkat pelayanan (πœ‡) sebesar 98,3859 penumpang/menit, sehingga penumpang yang mendapatkan pelayanan sebanyak 65 penumpang, dengan jumlah baris antrian sebanyak 1 penumpang, dengan waktu yang dihabiskan satu penumpang dalam antrian sampai dilayani dan pelayanan 0 menit, dan probabilitas factor pelayanan antrian 54,78%.

Keywords


simulasa sistem, pelayanan, antrian