The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


 

Baringtonia asiatica merupakan salah satu tumbuhan mangrove yang hidup didaerah pesisir pantai.  Tumbuhan ini memiliki nilai manfaat baik sebagai tanaman obat dan juga bioekologi. B. asiatica juga ditemukan di Teluk Wosidori, namun bagaimana profil pertumbuhan tanamn tersebut, perlu dilakukan penelitian ini sebagai data awal bagi pengembangan jenis ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan teknik survey. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah profil penyebaran B.asiatica.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi tempat tumbuh B.asiatica pada Teluk Wosidori sudah sangat mengkhawatirkan karena menurunnya luasan hutan yang ada, yang disebabkan oleh alih fungsi lahan, serta aktifitas manusia. Hal ini nampak juga pada data potensi pohon yang ditemukan paling banyak 9 pohon pada daerah Sowi 4. Sedangkan pola penyebaran tumbuhan B.asiatica lebih mengelompok.


Keywords


Profil pertumbuhan, Baringtonia asiatica, Teluk Wosidori


Fatal error: Call to a member function getCount() on null in /home/umsorong/ejournal.um-sorong.ac.id/cache/t_compile/responsiveTheme^%%38^38D^38D7420B%%article.tpl.php on line 221