The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui cara budidaya ikan nila dengan sistem aquaponik. 2) Untuk mengetahui tingkat kepadatan yang terbaik dalam pertumbuhan ikan nila dalam sistem aquaponik. Metode pada penelitian ini menggunakan metode uji coba atau eksperimen dengan menggunakan model Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri dari 4 (empat) perlakuan dan 1 (satu) kontrol. Masing-masing perlakuan 3 kali ulangan. Padat tebar yang digunakan yaitu perlakuan I dengan padat tebar 20 ekor, perlakuan II 25 ekor, perlakuan III 30 ekor dan perlakuan IV dengan padat tebar 35 ekor. Tingkat kelangsungan hidup (SR) pada penelitian yaitu perlakuan I tingkat kelangsungan hidup (SR) 93.3%, perlakuan II dengan tingkat kelangsungan hidup (SR)  92%, perlakuan III tingkat kelangsungan hidup (SR) yaitu 94.4% dan perlakuan IV memiliki tingkat kelangsungan hidup (SR) yaitu 90.5%. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa teknik pendederan ikan nila pada sistem aquaponik pada umumnya  sama dengan budidaya ikan biasa yang dilakukan dari, persiapan budidaya, pemeliharaan dan panen dan pasca panen. Tingkat kepadatan yang ideal adalah pada perlakuan ketiga dengan kepadatan 30 ekor dan tingkat kelangsungan hidup 94.4%.


Keywords


Aquaponik, Tingkat Kepadatan, Pendederan Nila


Fatal error: Call to a member function getCount() on null in /home/umsorong/ejournal.um-sorong.ac.id/cache/t_compile/responsiveTheme^%%38^38D^38D7420B%%article.tpl.php on line 221