EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 2 KOTA SORONG
DOI:
https://doi.org/10.33506/md.v9i3.15Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan one-group pretest-postestdesign yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran statistika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Pendekatan Saintifik pada kelas VII F SMP Negeri 2 Kota Sorong. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2 Mei sampai dengan 2 Juni 2016 di SMP Negeri 2 Kota Sorong.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Data tentang aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, data tentang respon siswa terhadap pembelajaran doperoleh dengan menggunakan lembar angket, data peningkatan self efficacy siswa diperoleh dengan menggunakan lembar angket dan untuk mengetahui hasil belajar materi statistika digunakan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembalajaran, aktivitas siswa, respon siswa, self efficacy siswa serta hasil belajar siswa dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Saintifik selama 5 kali pertemuan dalam kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa dalam kategori sangat efektif, (3) respon siswa terhadap pembelajaran cenderung positif, (4) self efficacy siswa setelah pembelajaran menunjukkan peningkatan dari sebanyak 94% siswa pada kategori cenderung negatif menjadi 94% siswa pada kategori cenderung positif, (5) hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar 87,88%, nilai rata-rata 78,58. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Koopefatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong pada materi statistika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
AgusSuprijono.2009.CooperativeLearningTeoridanAplikasiPAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Ardin.2012. Efektifitas Pembelajaran Matematika RealistikSetting Kooperatif tipe NHT dapat Menjadi Solusi d ari Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika di kelas X SMA Negeri 1 Kulisusu.Tesis.Tidak diterbitkan.Makassar :PPs UNM
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Cet.2. Jakarta: Bumi Aksara
Aziz Wellang,2015. Keefektivan Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dengan Pendekatan Realistik pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Pengsid Kabupaten Sidenreng Rappang.Tesis.Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Cecep Sumarna. 2004. Filsafat Ilmu. Dari hakikat menuju nilai.Bandung : Pustaka Bani Quraisy
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
_______, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustakan Setia Bandung.
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika Cet.2. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilyas, B & Tiro, M. A. 2007.Statistika Terapan untuk Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Edisi Kedua. Makassar: Andira Publiser
Johnson, Elaine. B. 2009. CTL (Contextual Teaching & Learning). Bandung: Kaifa
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi digital, 2010, http://ebsoft.web.id
Kemendikbud.2013. Permendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
____________. 2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
____________. 2013. Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013 Pendekatan Saintifik. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.
Kismawati, 2015.Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Statistika pada Siswa Kelas X SMA.Tesis.Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Lalita, Tania Vidyadwisi, Agustus 2014, “Hubungan antara Self Efficacydengan Kecemasan pada Remaja yang Putus Sekolah†Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental.Vol. 03 No. 2, Agustus 2014, http://journal.unair.ac.id
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning Cet.6. Jakarta: PT. Grasindo.
Moh.Uzer Usman.2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhid, Abd. 2009. “Self-Efficacy (PerspektifTeoriKognitifSosialdanImplikasinya terhadap pendidikan)â€. Tadrîs.Volume 4.Nomor1.2009.http://download.portalgaruda.org/article.php.
Nurdin Hasnawati. Desember 2012.“Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Self- Efficacy Siswa Kelas XII Pertanian SMKN 1 Watang Pulu Sidrapâ€. Jurnal Chemica Vo/. 13 Nomor 2 Desember 2 0 12,17-25.
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=98662&val=4338.
Riduwan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistika. Bandung : Alvabeta
Rusman, 2014.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful, 2006.“Konsep dan makna pembelajaranâ€.Bandung, Alfabeta,
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. rev.ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta..
Suarni, Waode. 2012. “Memprediksi Prestasi Akademik Mahasiswa Berdasarkan Efikasi Diri Dan Stres Akademikâ€. Gema edisi juli 2012.https://gemapendidikanfkipuho.files.wordpress.com/2014/01/3-gema-edisi-juli-2012.pdf
Sudjana, Nana, Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung: Sinar BaruAlgensindo Offset.
¬¬¬¬¬¬____________.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadudalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
______. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, B. Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajar.Jakarta : PT. Bumi Aksara
Uno, B. Hamzah. 2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Viqriah, Khafittulloh, dkk. Desember 2015. “EksperimentasiModel Pembelajaran Think-Pair- Share (Tps), Think-Talk-Write (Ttw) DanTwoStay- Stray(Tsts) PadaMateriBangunRuang SisiDatar DitinjauDariSelf-Efficacyâ€. JMEE Volume V Nomor 2, Desember 2015, http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php.
Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar).Yogyakarta : Andi Offset.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wibawa, Wigih Adi. 2012. “Teori Belajar Konstruktivismeâ€. http/wiare.blogspot.com/html. Diunduh 2 Juni2013.
Woolfolk, A. 2007.Educational psychology (10thed). Boston, MA: Pearson Education.
Zulkosky,K.2009.Self-Efficacy:AConceptAnalysis.Journal Compilation.44:93-102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)Â that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.