Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Mengajarkan Bahasa Inggris Materi Kosakata di MTsN Sorong
DOI:
https://doi.org/10.33506/jbl.v9i1.732Keywords:
Total Physical Response, Bahasa Inggris, Kosakata.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata siswa dalam mengajarkan bahasa Inggris melalui cara-cara yang menyenangkan dengan menggunakan metode Total Physical Response (TPR) yang dikembangkan oleh James J. Asher pada siswa kelas VII A MTsN Kota Sorong. Rumusan masalahnya adalah "Bagaimana Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Mengajarkan Bahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kosakata  Siswa Kelas VII A MTsN Kota Sorong?". Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan metode TPR pada siswa kelas VII A MTsN Kota Sorong, kosakata siswa mengalami peningkatan, baik dari ranah kognitif juga efektif serta psikomotorik. Adapun rinciannya sebagai berikut: 1)Aspek kognitif, yaitu; pertama, skor rata-rata kemampuan awal siswa adalah 58,33 dalam kategori rendah, kemudian pada siklus I skor rata-rata tes kosakata siswa meningkat menjadi 69,44 berada pada kategori sedang, dan pada siklus II meningkat sebesar 77,78 dengan sangat tinggi kategori. Kedua, siswa mengalami peningkatan kosakata dari yang diharapkan yaitu 75,00%, 2)Aspek afektif, siswa mampu menerima (memperhatikan), merespons, menghargai dan mengatur segala yag berkaitan selama pembelajaran berlangsung, 3) Aspek psikomotor, siswa terlihat aktif dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, merespons, berani memberikan pendapat dan membuat kesimpulan dari setiap diskusi. Ini berarti bahwa metode Total Physical Response (TPR) mampu meningkatkan kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VII A MTsN Kota Sorong.
References
Al-qahtani, Mofareh. 2015. The Important of Vocabulary in Language Learning and How to be Taught. Jakarta: International Journal of Teaching and Education.
Asidiqqi Amirudin. 2014 The Effect of Using Total Physical Response Method on Vocabulary Size of The Seventh Grade Students of MTs Muslimat NU Palangkaraya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 3.
Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Metode Total Physical Response (TPR) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-kanak. Metode Total Physical Response (TPR) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak, 17(2), 9-23
Basuki, Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Depdiknas Dirjen Pendasmen Dirtendik.
Fauzia. 2016. Metode Total Physical Response Sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Kemampuan Tahap Awal Berahasa Inggris Pada Anak-anak. Yogyakarta.Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan.
Febriani, Nurliya. 2013. Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.
Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT.Bumi Aksara.
Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1).
Hasbullah, 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.
Hidayah, 2007. Pengaruh Penggunaan Metode TPR Terhadap Pemahaman Kosa Kata Bahasa Jerman pada Anak Usia Dini. Skripsi. Malang:Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Idris, dan Marno. 2010. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Iga, Nurul. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Melalui Metode Tiqror pada Siswa Kelas X Agama di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Sorong. Skripsi. Sorong:Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
Istiqomah, N. (2017). The Strategy Of Junior High School Teachers To Increase Students’english Vocabulary (A Qualitative Research) (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Jafar, Muhammad. 2012. Upaya Meningkatkan Kemahiran Brebicara Melalui Metode TPR dalam Pelajaran Bahasa Arab Kelas VI A MI. Skripsi. Yogyakarta:UIN.
Khosiah Nurul. 2015. Upaya Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response Pada Anak Kelompok B di TK Tunas Rimba Karangawen Demak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.
Kurniatin, Titin. 2014. Penggunaan Pendekatan Total Physical Response untuk Mengatasi Problema Belajar Bahasa Inggris di SMP. Skripsi. Jakarta: Universitas Pendidikan Islam Jakarta.
Mappiasse, S. S., & Sihes, A. J. B. (2014). Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing dan Evaluasi Kurikulum di Indonesia: A Review. Proceedings of The 1st Academic Symposium on Integrating Knowledge (The 1st ASIK): Integrating Knowledge with Science and Religion (p. 109). Ibnu Sina Institute for Fundamental Science Studies.
Masitoh, Dewi. 2015. Penggunaan TPR Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Samirono. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurjanah, R. L., & Pratama, M. R. A. (2018). Efektivitas Permainan Taboo Words dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Ngudi Waluyo. PHILOSOPHICA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1(1), 39-42.
Panjaitan, M. O. (2013). Analisis standar isi bahasa inggris SMP dan SMA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(1), 140-155.
Putri, A. K., & Ariati, J. (2018). Pengaruh Permainan Story Card terhadap Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Inggris. Empati, 7(2), 368-375.
Rahman, Aulia. 2014. Efektivitas Metode Pembelajaran Total Physical Response dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas VII Smp di Kota Payakambuh. Bandung:Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.
Ramadhani, Aulia, Ade. 2014. Keefektifan Metode Total Physical Response dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Jetis
Ramayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
Sanjaya, Wina, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Santoso, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia: antara Globalisasi dan Hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1), 1-11.
Setiyowati, Diah. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response pada Siswa Kelas II SDN Sidoreja LOR 07. Skripsi. Salatiga: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.
Trianto, 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta:Prestasi Pustakarya.
Ulmi, Nabila. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response Bagi Anak Autisme di Kelas IV SLB YPPA. Padang:Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.
Wachidah, S., Gunawan, A., Diyantari, D., & Khatimah, Y. R. (2017). Bahasa Inggris, when english rings a bell: buku guru SMP/MTs kelas VIII.
Wahyuni, Esa, Nur. 2011. Motivasi dan Pembelajaran. Malang:UIN Pers Malang.
Wekke, I. S. (2015). Antara Tradisionalisme dan Kemodernan: Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim Papua Barat. Tsaqafah, 11(2), 313-332.
Wekke, I. S. (2016). Lingkungan Belajar Bahasa Arab dan Konstruksi Karakter Santri: Tinjauan Pesantren Minoritas Muslim. Al-Lisan, 1(2), 49-76.
Wekke, I. S., Umbar, K., & Arsyad, A. (2016). Tradisionalisme dan Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab: Pembelajaran Madrasah Berbasis Pesantren Minoritas Muslim. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 1(2).