The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penyu hijau merupakan salah satu jenis penyu yang kini terancam punah baik dari segi spesies maupun habitatnya di alam. Pantai peneluran merupakan habitat kunci dalam siklus hidup penyu hijau dimana terjaganya kondisi fisik dan biologi akan menjaga populasi penyu hijau dialam. Tipe Vegetasi diasumsikan berhubungan erat dengan kesuksesan penetasan telur penyu hijau karena di indikasi menjadi sarana naungan untuk sarang dalam menjaga kestabilan suhu permukaan pasir. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisa preferensi asosiasi sarang penyu hijau dengan tipe vegetasi tertentu. Penelitian ini dilakukan di Pulau Piai, Kabupaten Raja Ampat dari tanggal 19 Januari sampai dengan 21 Februari 2017 dengan menggunakan metode survei secara langsung (in situ) berupa data identifikasi sarang dan lokasi yang mencakup data tipe vegetasi.Hasil yang didapatkan adalah terdapat 231 indukan penyu hijau yang naik dan membuat sarang di area vegetasi dan hanya 1 indukan penyu hijau yang membuat sarang di luar vegetasi. Jenis vegetasi yang berpreferensi dominan bagi penyu hijau dalam peletakan sarangnya yaitu Fulen (Shofola gotandra) dengan 177 temuan, Tembakau Pantai (Hibiscus sp.) dengan 101 temuan dan Tumbuhan tikar (Pandanus tectorius) dengan 81 temuan. Dari penelitian ini diharapkan menjadi data penunjang dalam upaya pelestarian penyu

Keywords


Penyu Hijau, Tipe Vegetasi, Pantai Peneluran, Pulau Piai


Fatal error: Call to a member function getCount() on null in /home/umsorong/ejournal.um-sorong.ac.id/cache/t_compile/responsiveTheme^%%38^38D^38D7420B%%article.tpl.php on line 221