Profil Kemampuan Literasi Sains pada Peserta Didik Fase E MAN Kota Sorong Papua Barat Daya Tahun 2025

Authors

  • Sulistya Budiwati MAN KOTA SORONG
  • Ary Susatyo Nugroho
  • Muhammad Syaiful Hayat
  • Fenny Roshayanti

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains peserta didik fase E MAN Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya pada tahun 2025 tentang topik pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian kuantitatif dan analisis data dilakukan dengan cara analisis statistik kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 67 peserta didik fase E. Instrumen penelitian adalah soal tes berbentuk pilihan ganda yang dibuat berdasarkan indikator literasi sains dari Gomarlly. Dari tujuh indikator literasi sains dari Gomarlly peneliti hanya melakukan penelitian untuk enam indikator saja dengan hasil yaitu : mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid (misalnya Pendapat/teori untuk mendukung hipotesis) nilai rata-rata sebesar 48% , melakukan
penelusuran literatur dengan nilai rata-rata sebesar 45%, memahami elemen-elemen dalam desain penelitian nilai rata-rata sebesar 37%, membuat grafik secara tepat dari data nilai rata-rata sebesar 37%, memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar (misalnya menghitung rata-rata, probabilitas,
persentase, frekuensi) nilai rata-rata sebesar 20%, dan melakukan inferensi, prediksi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif nilai rata-rata sebesar 34%.

References

Anwar, K., & Eliyawati. (2020). Integration of numeracy skills in science learning to improve scientific literacy: A case study in Indonesian junior high schools. Journal of Science Learning, 3(2), 4556.

Bybee, R. W. (2009). The BSCS 5E instructional model and 21st century skills. Colorado Springs, CO: BSCS, 24.

Gormally, C., Brickman, P., & Lutz, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE—Life Sciences Education, 11(4), 364–377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Khatimah, H., Suhirman, S., & Raehanah, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Berpikir Dan Literasi Sains Siswa Sman 1 Gerung Tahun

2018/2019. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(1), 13-26.

Nuraini, N., Fajri, N., Asri, I. H., & Waluyo, E. (2023). Development of project based learning with STEAM approach model in improving the science literacy ability of high school

students. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(3),

639-653.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains

siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.

Setiawan, A. R. (2019, October). Penyusunan program pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Setiawan, A. R. (2019). Literasi Saintifik Berdasarkan Kecerdasan Majemuk dan Motivasi

Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(2), 126-137.

Utami, S., & Sabri, T. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains IPA kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).

Wahyuni, A. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA berdasarkan PISA (Programme for International Students Assessment) di Wilayah Kota Banda Aceh (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Downloads

Published

07/09/2025

How to Cite

Sulistya Budiwati, Nugroho, A. S., Syaiful Hayat, M., & Roshayanti, F. (2025). Profil Kemampuan Literasi Sains pada Peserta Didik Fase E MAN Kota Sorong Papua Barat Daya Tahun 2025. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 14(1), 68–76. https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4515

Issue

Section

Articles