Analisis Penggunaan Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu

Authors

  • Samsudin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Angel Amori Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Indri Oktariani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Siti Nurkhasanah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Bela Efelya Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Yuswijayanti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4192

Abstract

Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan
pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
penggunaan AI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian
yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan kuesioner kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam
pembelajaran, seperti chatbot edukatif, sistem tutor berbasis AI, dan aplikasi pembelajaran interaktif, dapat
meningkatkan minat belajar siswa. Faktor utama yang berkontribusi terhadap peningkatan ini adalah personalisasi
materi, keterlibatan siswa yang lebih tinggi, serta penyampaian materi yang lebih menarik. Namun, terdapat
beberapa tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan teknologi
ini. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan AI dalam pembelajaran.

References

Handayani, T., & Prasetyo, B. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Faktor Pendukung

dan Penghambatnya. Jakarta: Gramedia.

Hartanto, R. (2020). Sistem Tutor Cerdas dan Dampaknya terhadap Pembelajaran di Sekolah

Menengah. Yogyakarta: Deepublish.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education: Promises and

Implications for Teaching and Learning. Boston: Center for Curriculum Redesign.

Nugroho, A. (2022). Implementasi AI dalam Dunia Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Bandung:

Informatika.

Rahman, A., & Putri, D. (2021). Revolusi Pembelajaran: Peran AI dalam Meningkatkan Efektivitas

Pendidikan. Surabaya: Universitas Airlangga Press.

Ramadhani, S. (2021). Teknologi dalam Pendidikan: Studi Kasus Implementasi AI di Sekolah

Menengah. Malang: UMM Press.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2021). Motivation in Education: Theory, Research, and

Applications (5th ed.). New York: Pearson.

Setiawan, B. (2020). Kecerdasan Buatan dalam Dunia Pendidikan: Konsep, Implementasi, dan

Dampaknya. Jakarta: Erlangga.

Suharto, A. (2021). Peran AI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Bandung:

Alfabeta.

Susanto, H., Wijaya, R., & Lestari, M. (2021). Chatbot Edukatif: Inovasi dalam Proses Pembelajaran

Berbasis Teknologi AI. Jakarta: Salemba Teknika.

Suryani, R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Utami, D., & Santoso, W. (2021). Studi Empiris: Pengaruh AI terhadap Motivasi dan Minat Belajar

Siswa. Semarang: Universitas Diponegoro Press.

Wibowo, T. (2020). Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Teknologi AI di Pendidikan Indonesia.

Jakarta: Rajawali Pers.

Wijaya, K. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Studi Pendidikan Teknologi. Surabaya:

Universitas Negeri Surabaya Press.

Yusuf, M. (2020). Motivasi Belajar: Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Downloads

Published

07/09/2025

How to Cite

Samsudin, Angel Amori, Indri Oktariani, Siti Nurkhasanah, Bela Efelya, & Yuswijayanti. (2025). Analisis Penggunaan Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4192

Issue

Section

Articles