Analisis Penggunaan Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4192Abstract
Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan
pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
penggunaan AI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian
yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan kuesioner kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam
pembelajaran, seperti chatbot edukatif, sistem tutor berbasis AI, dan aplikasi pembelajaran interaktif, dapat
meningkatkan minat belajar siswa. Faktor utama yang berkontribusi terhadap peningkatan ini adalah personalisasi
materi, keterlibatan siswa yang lebih tinggi, serta penyampaian materi yang lebih menarik. Namun, terdapat
beberapa tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan teknologi
ini. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan AI dalam pembelajaran.
References
Handayani, T., & Prasetyo, B. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Faktor Pendukung
dan Penghambatnya. Jakarta: Gramedia.
Hartanto, R. (2020). Sistem Tutor Cerdas dan Dampaknya terhadap Pembelajaran di Sekolah
Menengah. Yogyakarta: Deepublish.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education: Promises and
Implications for Teaching and Learning. Boston: Center for Curriculum Redesign.
Nugroho, A. (2022). Implementasi AI dalam Dunia Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Bandung:
Informatika.
Rahman, A., & Putri, D. (2021). Revolusi Pembelajaran: Peran AI dalam Meningkatkan Efektivitas
Pendidikan. Surabaya: Universitas Airlangga Press.
Ramadhani, S. (2021). Teknologi dalam Pendidikan: Studi Kasus Implementasi AI di Sekolah
Menengah. Malang: UMM Press.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2021). Motivation in Education: Theory, Research, and
Applications (5th ed.). New York: Pearson.
Setiawan, B. (2020). Kecerdasan Buatan dalam Dunia Pendidikan: Konsep, Implementasi, dan
Dampaknya. Jakarta: Erlangga.
Suharto, A. (2021). Peran AI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Bandung:
Alfabeta.
Susanto, H., Wijaya, R., & Lestari, M. (2021). Chatbot Edukatif: Inovasi dalam Proses Pembelajaran
Berbasis Teknologi AI. Jakarta: Salemba Teknika.
Suryani, R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Utami, D., & Santoso, W. (2021). Studi Empiris: Pengaruh AI terhadap Motivasi dan Minat Belajar
Siswa. Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Wibowo, T. (2020). Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Teknologi AI di Pendidikan Indonesia.
Jakarta: Rajawali Pers.
Wijaya, K. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Studi Pendidikan Teknologi. Surabaya:
Universitas Negeri Surabaya Press.
Yusuf, M. (2020). Motivasi Belajar: Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.