Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Negosiasi dengan Model Discovery Learning Berbantuan E-Book di Kelas XI MAS DDI Al Mujahidin Bendoro

Authors

  • Masnawati Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Jamaluddin Ahmad Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rustam Efendy Rasyid Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Yusmah Yusmah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Andi Astina Adnan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.3785

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan terhadap kemampuan teks negosiasi dengan model discovery learning berbantuan e-book di kelas XI MAS DDI Al Mujahidin Bendoro. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diistilahkan dengan R&D.

Penelitian ini dilaksanakan di MAS DDI Al Mujahidin Bendoro Kabupaten Sidenreng Rappang yang direncanakan selama tiga bulan. populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI MAS DDI Al Mujahidin Bendoro yang berjumlah 62 orang. Sampel dalam penelitian ini ditarik secara keseluruhan atau sebanyak 63 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji validasi dan N-Gain Score.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan di MAS DDI Al Mujahidin Bendoro berbentuk e-book yang mengintegrasikan model pembelajaran Discovery Learning. E-book ini terdiri dari komponen pendahuluan, isi materi, aktivitas discovery learning, serta latihan dan evaluasi, dengan fitur interaktif yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri. Model Discovery Learning dirancang untuk mendorong eksplorasi aktif siswa dalam memahami konsep teks negosiasi.  Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan dinilai mudah digunakan dengan respons positif dari siswa karena interaktivitas dan fleksibilitasnya. Efektivitas bahan ajar terlihat dari peningkatan nilai pretest dan posttest siswa dengan rata-rata n-Gain Score 0,3, yang termasuk kategori sedang hingga tinggi. Beberapa siswa menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dengan n-Gain Score lebih dari 0,7. Dengan demikian, e-book berbasis Discovery Learning ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks negosiasi.

References

Anwar, M. (2019). Pengaruh Penggunaan E-Book terhadap Motivasi dan Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 45-59.

Anwar, M. (2019). Pengaruh Penggunaan E-Book terhadap Motivasi dan Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 45-59.

Burhan, N. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra . Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Cahyani, I. (2012). Modul Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Chomsin, W. S. (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi . Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Devi, P. C. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis teks Prosedur kompleks dengan model Pembelajaran Discovery learning Menggunakan Media Audio Visual (video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia, 15.

DFA Agrin, N. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Berbasis Aplikasi Android G-Teks Pro. Semantik, 1.

DK Khikmawati, R. A. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 74.

Ghufron, S. (2017). Kesalahan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lamongan. Bastra, 29-38.

Hartono, S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Teks Negosiasi Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(2), 100-115.

Kemendikbud. (2014). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. (2014). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum. Bandung: Yrama Widya.

Krisna, A. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Cakrawala Pendas, 2.

Kusuma, R. (2019). Efektivitas Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(3), 200-215.

Lestari, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan*, 15(2), 67-79.

Ndas, Z. (2016). Jenis-Jenis Teks Prosedur Kompleks. online: http://www.scribd.com/mobile/doc/2015/25-.

Nursisto. (1999). Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cita.

Pendidikan, B. S. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI, . Jakarta: Depdiknas.

Permendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbudristek.

Pidarta, M. (2013). Landasan Kependidikan Stimuls Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, A. (2020). Pembelajaran Teks Negosiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 87-99.

Rahmawati, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Berbasis Discovery Learning di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 67-78.

Ramadhani, R. (2019). Penggunaan E-book sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 12(1), 45-55.

Riyanti, R. M. (2020). Problematika Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas Xi Mas Cipta Simpang Dolok. Jurnal Komunitas Bahasa, 48.

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Santoso, I. (2018). Pengajaran Teks Diskusi Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 58-72.

Sari, R. A. (2020). Penggunaan E-Book untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 105-119.

Sari, R. A. (2020). Penggunaan Media Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(2), 100-115.

Setiawan, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Argumentasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(4), 155-165.

Siratuddin. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Media Pustaka.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Aplhabet.

Suhartini, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(3), 120-135.

Suparman, E. (2018). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskriptif pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(3), 210-225.

Suparno, Y. M. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryadi, I. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Book dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Abstrak. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 13(4), 134-148.

Sutrianto, R. N. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud.

Syafie'ie, I. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: P2LPTK.

Tarigan, H. G. (1986). Menulis Sebagai Suatu Keterapilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (1994). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyudi, D. (2021). Implementasi Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Teks Prosedur di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 18(1), 88-102.

Wicaksono, B. (2020). Pemanfaatan E-Book sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 9(1), 25-38.

YJ Kapitan, T. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Diglosia, 1.

Downloads

Published

01/02/2025

How to Cite

Masnawati, Hanafi, M., Ahmad, J., Efendy Rasyid, R., Yusmah, Y., & Adnan, A. A. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Negosiasi dengan Model Discovery Learning Berbantuan E-Book di Kelas XI MAS DDI Al Mujahidin Bendoro. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(2), 9–17. https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.3785