Hubungan Persepsi Peran Gender dengan Motivasi Berprestasi Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.3675

Abstract

Penelitian ini menjelaskan hubungan persepsi peran gender dengan motivasi berprestasi siswa. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa survei di salah satu SMA di Banyumas, Jawa Tengah.
Populasi penelitian ini berjumlah 715 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling
dengan jumlah sampel yaitu 392 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan kolerasi tau kendall b.
Hasil penelitian tidak terdapat hubungan yang positif antara persepsi peran gender dengan motivasi berprestasi
siswa. Nilai p value atau signifikasi sebesar 0,162 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel tersebut tidak
signifikan, karena p value 0,162 > α -0,071 pada taraf signifikasi 99% (0,01). Hal tersebut dapat terjadi karena
peran sosialisasi di sekolah memperlakukan semua siswa sama tanpa memandang persepsi peran gender, sehingga
siswa tertanam kesetaraan gender bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi.

Author Biographies

Nazilah Nurhikmah, Universitas Jenderal Soedirman

Nazilah Nurhikmah adalah mahasiswa Prodi S-1 Sosiologi FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Nanang Martono, Universitas Jenderal Soedirman

Nanang Martono is a lecturer in educational sociology at the sociology study program of FISIP Jenderal Soedirman University (Unsoed) Purwokerto.

Elis Puspitasari, Universitas Jenderal Soedirman

Elis Puspitasari adalah staf pengajar di program studi S-1 sosiologi dan merupakan ketua program magister sosiologi FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Agung Kurniawan, Universitas Jenderal Soedirman

Agung Kurniawan adalah staf pengajar di program studi S-1 sosiologi FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

References

Amseke, F. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal

Penelitian

Dan

Pengembangan

https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/17

Pendidikan,

1(1),

65–81.

Asmira, R. (2020). Persepsi Masyarakat Lokal Terhadap Masyarakat Pendatang Di Desa Kampung

Aie Kecamatan Simeulue Tengah (Vol. 21, Issue 1) [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Darusalam]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16181/1/Rani Asmira, 150305072, FUF,

SA, 082331486841.pdf

Boediarsih, Shaluhiyah, Z., & Mustofa, S. B. (2016). Persepsi Remaja tentang Peran Gender dan Gender

Seksualitas di Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 11(1), 28.

https://doi.org/10.14710/jpki.11.1.28-37

Elvira. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada :

Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(2), 93

98. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i2.1602

Farisuci, R. M., & Budiman, L. (2019). Motivasi Berprestasi Dengan Adversity Quotient Pada Siswa

Madrasah Aliyah Di Kota Palembang. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 74–82.

https://doi.org/10.19109/psikis.v5i1.3195

Firmansyah, I. (2021). Hubungan Stereotip Gender Dengan Konsep Diri Akademik Pada Remaja Di

Man 1 (Madrasah Aliyah Negeri) Kota Pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim].

https://repository.uin-suska.ac.id/57814/2/SKRIPSI IHKSAN FIRMANSYAH.pdf

Firmansyah, W., Jaya, I., & Sumarni, S. (2019). Analisis motivasi berprestasi pada mahasiswa Prodi

Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(3),

111–122. https://doi.org/10.22437/jdm.v7i3.16802

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal

Pendidikan

Matematika

Indonesia,

https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/870/0

4(1),

6–11.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student

Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age,

4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Ismail. (2019). Pentingnya Sosialisasi Bagi Anak. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (Jisa), 2(1), 29.

https://doi.org/10.30829/jisa.v2i1.5406

Jabar, L. O. A. (2023). Perbandingan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Laki-Laki Dengan Siswa

Perempuan.

Jurnal

Attending,

https://ojs.uho.ac.id/index.php/attending/article/view/30219

2(1),

165–174.

Jannah, M., Permadani, F. D., & Widohardhono, R. (2022). Motivasi Berprestasi Olahraga Pada Atlet

Pelajar Ketika Pandemi Covid-19 Di Jawa Timur. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan

Pengembangan Kependidikan, 13(1), 60. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8082

Marlina, I. (2019). Paham Gender Melalui Media Sosial. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, &

Antropologi, 2(2), 225. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28800

MPR. (2023). Dorong Ekosistem Pendidikan yang Lebih Inovatif dan Adaptif.

https://www.mpr.go.id/berita/Dorong-Ekosistem-Pendidikan-yang-Lebih-Inovatif-dan

Adaptif#:~:text=Situs worldtop20.org pada 2023,peringkat 67 dari 203 negara

Muin, S. (2015). Peran Pola Asuh Permisif, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku

Membolos Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 93.

https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4477

Norsandi, D., Wurdianto, K., & Fitriana, E. (2022). Hubungan Motivasi Dan Perhatian Orang Tua

Dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Sman 10 Kota Palangka Raya. Jambura Geo Education

Journal, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.15731

Opier, N. M. (2020). Pengaruh Locus Of Control dan peran gender terhadap pengambilan keputusan

karir siswa kelas XI dan XII SMAS Diponegoro Tumpang [Universitas Islam Negeri Maulana

Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/19352

Pratiwi, E., Sendratari, L. P., & Wirawan, I. G. M. A. S. (2021). Stereotipe Gender Pada Jurusan Teknik

Kendaraan Ringan Dan Otomotif Di Smk Negeri Bali Mandara: Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dan Siswi. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 3(1), 10–20.

https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i1.34218

Prayetno, S. (2017). Hubungan Kompetisi Kerja dengan Organisasi Pembelajaran. Majalah Manajemen

& Bisnis Ganesha, 1(1), 76–88. https://stieganesha.e-journal.id/jurnal/article/view/12

Putri, F. A., Monika, S., & Ninawati. (2016). Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada

Mahasiswa Akselerasi Dan Siswa Reguler. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 1–19.

https://doi.org/https://doi.org/10.24912/provitae.v7i1.223

Ramadhani, A. N. (2021). Hubungan Sosialisasi Gender dalam Keluarga dengan Persepsi Gender Siswa

SMK.

SOCIA:

Jurnal

Ilmu-Ilmu

https://doi.org/10.21831/socia.v17i2.35358

Sosial,

17(2),

141–154.

Ramadhani, A. N., Martono, N., & Puspitasari, E. (2023). Relation Media Literacy and Perceptions of

Gender Roles in Elementary School Students. Journal of Society and Media, 7(1), 133–153.

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p133-53

Rismayanti, W., Puspitasari, R., & ... (2023). Relasi Kesetaraan Gender Pada Keaktifan Belajar IPS:

Studi Analisis Pada Siswa SMP Wahidin Cirebon. JSP: Journal of Social Pedagogy, 4(2), 155

164. https://e-journal.metrouniv.ac.id/social-pedagogy/article/view/7534

Salsabila, S., & Savira, S. I. (2021). Motivasi Berprestasi Akademik Siswa SD Selama Pembelajaran

Daring (Studi Kasus pada Anggota Al-Akbar Student Council). Character: Jurnal Penelitian

Psikologi, 8(6), 190–203. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i6.42789

Santoso, F. G. I. (2015). Pengaruh Gender Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Smp Kelas Viii Dalam

Pembelajaran

Berdasarkan

Masalah.

Widya

Warta,

2,

219–231.

http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/view/305%0Ahttp://portal.widya

mandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/viewFile/305/293

Setiawati, G. A. D., & Arsana, P. A. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gender Terhadap Prestasi

Belajar IPA Siswa Kelas Bilingual SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Proceeding Biology

Education Conference, 15, 173–179.

Singh, S., & Chacko, D. J. (2024). Achievement Motivation in College Students as A Function of Their

Belief in Gender Roles. 12(1). https://doi.org/10.25215/1201.045

Siregar, K. N. (2017). Studi Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Pada

Wanita Bekerja Di Pt Bank Sumut Cabang Utama Medan. Universitas Medan Area.

Wijaya, A. A. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap

motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 261.

https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p05

SMP

Yunia, I. W., Sekar, D., Ningrum, A., & Manuardi, A. R. (2020). Profil Motivasi Berprestasi Peserta

Didik

Negeri

2

Karangpawitan

https://doi.org/https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.5328

Downloads

Published

01/07/2025

How to Cite

Nurhikmah, N., Martono, N., Puspitasari, E., & Kurniawan, A. (2025). Hubungan Persepsi Peran Gender dengan Motivasi Berprestasi Siswa. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(2), 29–39. https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.3675