Hubungan Persepsi Peran Gender dengan Motivasi Berprestasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.3675Abstract
Penelitian ini menjelaskan hubungan persepsi peran gender dengan motivasi berprestasi siswa. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa survei di salah satu SMA di Banyumas, Jawa Tengah.
Populasi penelitian ini berjumlah 715 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling
dengan jumlah sampel yaitu 392 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan kolerasi tau kendall b.
Hasil penelitian tidak terdapat hubungan yang positif antara persepsi peran gender dengan motivasi berprestasi
siswa. Nilai p value atau signifikasi sebesar 0,162 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel tersebut tidak
signifikan, karena p value 0,162 > α -0,071 pada taraf signifikasi 99% (0,01). Hal tersebut dapat terjadi karena
peran sosialisasi di sekolah memperlakukan semua siswa sama tanpa memandang persepsi peran gender, sehingga
siswa tertanam kesetaraan gender bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi.
References
Amseke, F. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal
Penelitian
Dan
Pengembangan
https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/17
Pendidikan,
1(1),
65–81.
Asmira, R. (2020). Persepsi Masyarakat Lokal Terhadap Masyarakat Pendatang Di Desa Kampung
Aie Kecamatan Simeulue Tengah (Vol. 21, Issue 1) [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Darusalam]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16181/1/Rani Asmira, 150305072, FUF,
SA, 082331486841.pdf
Boediarsih, Shaluhiyah, Z., & Mustofa, S. B. (2016). Persepsi Remaja tentang Peran Gender dan Gender
Seksualitas di Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 11(1), 28.
https://doi.org/10.14710/jpki.11.1.28-37
Elvira. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada :
Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(2), 93
98. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i2.1602
Farisuci, R. M., & Budiman, L. (2019). Motivasi Berprestasi Dengan Adversity Quotient Pada Siswa
Madrasah Aliyah Di Kota Palembang. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 74–82.
https://doi.org/10.19109/psikis.v5i1.3195
Firmansyah, I. (2021). Hubungan Stereotip Gender Dengan Konsep Diri Akademik Pada Remaja Di
Man 1 (Madrasah Aliyah Negeri) Kota Pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim].
https://repository.uin-suska.ac.id/57814/2/SKRIPSI IHKSAN FIRMANSYAH.pdf
Firmansyah, W., Jaya, I., & Sumarni, S. (2019). Analisis motivasi berprestasi pada mahasiswa Prodi
Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(3),
111–122. https://doi.org/10.22437/jdm.v7i3.16802
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal
Pendidikan
Matematika
Indonesia,
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/870/0
4(1),
6–11.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student
Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age,
4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Ismail. (2019). Pentingnya Sosialisasi Bagi Anak. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (Jisa), 2(1), 29.
https://doi.org/10.30829/jisa.v2i1.5406
Jabar, L. O. A. (2023). Perbandingan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Laki-Laki Dengan Siswa
Perempuan.
Jurnal
Attending,
https://ojs.uho.ac.id/index.php/attending/article/view/30219
2(1),
165–174.
Jannah, M., Permadani, F. D., & Widohardhono, R. (2022). Motivasi Berprestasi Olahraga Pada Atlet
Pelajar Ketika Pandemi Covid-19 Di Jawa Timur. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan
Pengembangan Kependidikan, 13(1), 60. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8082
Marlina, I. (2019). Paham Gender Melalui Media Sosial. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, &
Antropologi, 2(2), 225. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28800
MPR. (2023). Dorong Ekosistem Pendidikan yang Lebih Inovatif dan Adaptif.
https://www.mpr.go.id/berita/Dorong-Ekosistem-Pendidikan-yang-Lebih-Inovatif-dan
Adaptif#:~:text=Situs worldtop20.org pada 2023,peringkat 67 dari 203 negara
Muin, S. (2015). Peran Pola Asuh Permisif, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku
Membolos Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 93.
https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4477
Norsandi, D., Wurdianto, K., & Fitriana, E. (2022). Hubungan Motivasi Dan Perhatian Orang Tua
Dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Sman 10 Kota Palangka Raya. Jambura Geo Education
Journal, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.15731
Opier, N. M. (2020). Pengaruh Locus Of Control dan peran gender terhadap pengambilan keputusan
karir siswa kelas XI dan XII SMAS Diponegoro Tumpang [Universitas Islam Negeri Maulana
Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/19352
Pratiwi, E., Sendratari, L. P., & Wirawan, I. G. M. A. S. (2021). Stereotipe Gender Pada Jurusan Teknik
Kendaraan Ringan Dan Otomotif Di Smk Negeri Bali Mandara: Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dan Siswi. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 3(1), 10–20.
https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i1.34218
Prayetno, S. (2017). Hubungan Kompetisi Kerja dengan Organisasi Pembelajaran. Majalah Manajemen
& Bisnis Ganesha, 1(1), 76–88. https://stieganesha.e-journal.id/jurnal/article/view/12
Putri, F. A., Monika, S., & Ninawati. (2016). Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada
Mahasiswa Akselerasi Dan Siswa Reguler. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 1–19.
https://doi.org/https://doi.org/10.24912/provitae.v7i1.223
Ramadhani, A. N. (2021). Hubungan Sosialisasi Gender dalam Keluarga dengan Persepsi Gender Siswa
SMK.
SOCIA:
Jurnal
Ilmu-Ilmu
https://doi.org/10.21831/socia.v17i2.35358
Sosial,
17(2),
141–154.
Ramadhani, A. N., Martono, N., & Puspitasari, E. (2023). Relation Media Literacy and Perceptions of
Gender Roles in Elementary School Students. Journal of Society and Media, 7(1), 133–153.
https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p133-53
Rismayanti, W., Puspitasari, R., & ... (2023). Relasi Kesetaraan Gender Pada Keaktifan Belajar IPS:
Studi Analisis Pada Siswa SMP Wahidin Cirebon. JSP: Journal of Social Pedagogy, 4(2), 155
164. https://e-journal.metrouniv.ac.id/social-pedagogy/article/view/7534
Salsabila, S., & Savira, S. I. (2021). Motivasi Berprestasi Akademik Siswa SD Selama Pembelajaran
Daring (Studi Kasus pada Anggota Al-Akbar Student Council). Character: Jurnal Penelitian
Psikologi, 8(6), 190–203. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i6.42789
Santoso, F. G. I. (2015). Pengaruh Gender Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Smp Kelas Viii Dalam
Pembelajaran
Berdasarkan
Masalah.
Widya
Warta,
2,
219–231.
http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/view/305%0Ahttp://portal.widya
mandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/viewFile/305/293
Setiawati, G. A. D., & Arsana, P. A. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gender Terhadap Prestasi
Belajar IPA Siswa Kelas Bilingual SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Proceeding Biology
Education Conference, 15, 173–179.
Singh, S., & Chacko, D. J. (2024). Achievement Motivation in College Students as A Function of Their
Belief in Gender Roles. 12(1). https://doi.org/10.25215/1201.045
Siregar, K. N. (2017). Studi Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Pada
Wanita Bekerja Di Pt Bank Sumut Cabang Utama Medan. Universitas Medan Area.
Wijaya, A. A. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap
motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 261.
https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p05
SMP
Yunia, I. W., Sekar, D., Ningrum, A., & Manuardi, A. R. (2020). Profil Motivasi Berprestasi Peserta
Didik
Negeri
2
Karangpawitan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.