Pola Interaksi antara Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan Anak Non ABK di Lingkungan Sekolah (Studi di SDN 1 Tanjung, Purwokerto Selatan)

Authors

  • Vania Puspita Dewi Universitas Jenderal Soedirman
  • Mintarti Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • Agung Kurniawan Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v13i1.3416

Abstract

Abstrak

Interaksi merupakan aktivitas sosial yang terjadi dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja di berbagai aspek kehidupan. Salah satunya pada dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah, baik yang terjadi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun guru dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengenetahui mengenai interaksi yang terjadi antara siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan siswa non-ABK (siswa normal) serta menggambarkan bentuk interaksi sosial yang terjadi di lingkungan sekolah inklusi. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa ABK dan siswa non-ABK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi dalam dua pola yaitu asosiatif dan disosiatif. ABK mampu melakukan interaksi dengan siswa non-ABK meskipun interaksi yang dilakukan terbatas.

References

Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 86(25). https://www.academia.edu/download/51984206/388-729-1-SM.pdf

Ansori, A. N. Al. (2022). Curhat Yayasan Disabilitas di Sidoarjo yang Alami Diskriminasi dan Pengusiran. Liputan6. https://www.liputan6.com/disabilitas/read/5062939/curhat-yayasan-disabilitas-di-sidoarjo-yang-alami-diskriminasi-dan-pengusiran

Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3). https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/55/51

detikNews. (2022). Kisah Pilu Bocah SD Berkebutuhan Khusus Di-bully Teman Sekolah. https://news.detik.com/berita/d-6046655/kisah-pilu-bocah-sd-berkebutuhan-khusus-di-bully-teman-sekolah

Harfiyanto, D., Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa. Journal of Educational Social Studies, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/6859

Jannah, M. (2020). Perekonomian Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/special/article/view/2293

kemdikbud.go.id. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved January 18, 2024, from https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (Kemendikbudristek). (2023). Kemendikbudristek Ajak Wujudkan Pendidikan Inklusi yang Adil dan Merata. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/03/kemendikbudristek-ajak-wujudkan-pendidikan-inklusi-yang-adil-dan-merata

Kementerian PPN/Bappenas. (n.d.). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Retrieved January 18, 2024, from https://jdih.bappenas.go.id/peraturan/detailperaturan/502

Mahandi, F. A., Rahmi, A., & Iswantir, I. (2022). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SMA N 2 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4201

Pursitasari, I., & Allenidekania, A. (2019). Literature Review: Kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus Melakukan Kebersihan Diri. Jurnal Kesehatan, 10(2). https://www.ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/1317

Puspitaningtyas, A. R. (2020). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus si SDN 4 Kilensari. Educational Journal: Journal Education Research and Development, 4(2). https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/350

Ribbany, E. T., & Wahyudi, A. (2016). Bullying Pada Pola Interaksi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Inklusif. Journal of Sociological Studies Paradigma, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16755

Sakinah, D. N., & Marlina, M. (2018). Perilaku Bullying terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Kota Padan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101497

Utomo, & Thaibah, H. (2019). Manfaat Program Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Reguler Di Banjarmasin. Sosial Humaniora.

Wattini, W., Mudana, I. W., & Margi, I. K. (2019). Pola Interaksi Santri Pondok Pesantren Hidayahtullah Di Perumahan Jalak Putih Singaraja Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 1(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/view/26686

Wijayanti, Y. K. R. (2019). Pengalaman Bersahabat Dan Dinamika Interaksi Anak Selective Mutism Di Sekolah Inklusi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media, Dan Informatika, 7(2). https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/1486

Downloads

Published

07/03/2024

How to Cite

Dewi, V. P., Mintarti, & Agung Kurniawan. (2024). Pola Interaksi antara Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan Anak Non ABK di Lingkungan Sekolah (Studi di SDN 1 Tanjung, Purwokerto Selatan) . Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.33506/jq.v13i1.3416

Issue

Section

Articles