Pola Interaksi antara Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan Anak Non ABK di Lingkungan Sekolah (Studi di SDN 1 Tanjung, Purwokerto Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v13i1.3416Abstract
Abstrak
Interaksi merupakan aktivitas sosial yang terjadi dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja di berbagai aspek kehidupan. Salah satunya pada dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah, baik yang terjadi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun guru dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengenetahui mengenai interaksi yang terjadi antara siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan siswa non-ABK (siswa normal) serta menggambarkan bentuk interaksi sosial yang terjadi di lingkungan sekolah inklusi. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa ABK dan siswa non-ABK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi dalam dua pola yaitu asosiatif dan disosiatif. ABK mampu melakukan interaksi dengan siswa non-ABK meskipun interaksi yang dilakukan terbatas.
References
Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 86(25). https://www.academia.edu/download/51984206/388-729-1-SM.pdf
Ansori, A. N. Al. (2022). Curhat Yayasan Disabilitas di Sidoarjo yang Alami Diskriminasi dan Pengusiran. Liputan6. https://www.liputan6.com/disabilitas/read/5062939/curhat-yayasan-disabilitas-di-sidoarjo-yang-alami-diskriminasi-dan-pengusiran
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3). https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/55/51
detikNews. (2022). Kisah Pilu Bocah SD Berkebutuhan Khusus Di-bully Teman Sekolah. https://news.detik.com/berita/d-6046655/kisah-pilu-bocah-sd-berkebutuhan-khusus-di-bully-teman-sekolah
Harfiyanto, D., Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa. Journal of Educational Social Studies, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/6859
Jannah, M. (2020). Perekonomian Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/special/article/view/2293
kemdikbud.go.id. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved January 18, 2024, from https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (Kemendikbudristek). (2023). Kemendikbudristek Ajak Wujudkan Pendidikan Inklusi yang Adil dan Merata. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/03/kemendikbudristek-ajak-wujudkan-pendidikan-inklusi-yang-adil-dan-merata
Kementerian PPN/Bappenas. (n.d.). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Retrieved January 18, 2024, from https://jdih.bappenas.go.id/peraturan/detailperaturan/502
Mahandi, F. A., Rahmi, A., & Iswantir, I. (2022). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SMA N 2 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4201
Pursitasari, I., & Allenidekania, A. (2019). Literature Review: Kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus Melakukan Kebersihan Diri. Jurnal Kesehatan, 10(2). https://www.ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/1317
Puspitaningtyas, A. R. (2020). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus si SDN 4 Kilensari. Educational Journal: Journal Education Research and Development, 4(2). https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/350
Ribbany, E. T., & Wahyudi, A. (2016). Bullying Pada Pola Interaksi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Inklusif. Journal of Sociological Studies Paradigma, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16755
Sakinah, D. N., & Marlina, M. (2018). Perilaku Bullying terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Kota Padan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101497
Utomo, & Thaibah, H. (2019). Manfaat Program Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Reguler Di Banjarmasin. Sosial Humaniora.
Wattini, W., Mudana, I. W., & Margi, I. K. (2019). Pola Interaksi Santri Pondok Pesantren Hidayahtullah Di Perumahan Jalak Putih Singaraja Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 1(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/view/26686
Wijayanti, Y. K. R. (2019). Pengalaman Bersahabat Dan Dinamika Interaksi Anak Selective Mutism Di Sekolah Inklusi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.
Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media, Dan Informatika, 7(2). https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/1486
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.