PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASSIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1 SD YPPK STELLA MARIS DOOM

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASSIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1 SD YPPK STELLA MARIS DOOM

Authors

  • carezya avrylda sebastian Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Sosiologi sub pokok bahasan diferensiasi sosial tahun pelajaran2022/2023.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1.IPS SD YPPK STELLA MARIS DOOM berjumlah 16 siswa. Penelitian meliputi pra penelitian, siklus I, dan siklus II. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, wawancara guru mata pelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif (ratarata dan persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa kelas pada setiap siklus. Ketuntasan aktivitas belajar pada pra penelitian 42%, siklus I 60% dan siklus II menjadi 80%. Untuk ketuntasan hasil belajar pra siklus nilai. Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.

Published

2023-12-31

How to Cite

sebastian, carezya avrylda. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASSIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1 SD YPPK STELLA MARIS DOOM: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASSIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1 SD YPPK STELLA MARIS DOOM. Jurnal of Primary School Innovation , 1(1). Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jpsi/article/view/3018