PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASSIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1 SD YPPK STELLA MARIS DOOM
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASSIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1 SD YPPK STELLA MARIS DOOM
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Sosiologi sub pokok bahasan diferensiasi sosial tahun pelajaran2022/2023.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1.IPS SD YPPK STELLA MARIS DOOM berjumlah 16 siswa. Penelitian meliputi pra penelitian, siklus I, dan siklus II. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, wawancara guru mata pelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif (ratarata dan persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa kelas pada setiap siklus. Ketuntasan aktivitas belajar pada pra penelitian 42%, siklus I 60% dan siklus II menjadi 80%. Untuk ketuntasan hasil belajar pra siklus nilai. Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.