PENERAPAN MEDIA GAMBAR CETAK TERHADAP PEMBELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 35 KOTA SORONG
PENERAPAN MEDIA GAMBAR CETAK TERHADAP PEMBELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 35 KOTA SORONG
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar cetak efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD NEGERI 35 KOTA SORONG. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan tindakan penggunaan media gambar cetak terhadap pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD NEGERI 35 kota Sorong .Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan. Bentuk penelitian yang sesuai dengan metode penelitian adalah menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi partisipatif, teknik wawancara, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, soal tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media gambar cetak pada siswa kelas III C di SD NEGERI 35 kota Sorong dalam 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan media gambar cetak siswa mengalami peningkatan.