PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN 26 KOTA SORONG

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN 26 KOTA SORONG

Authors

  • Cindirellah Zelly Bansaulang Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstract

Pembelajaran merupakan harmoni antara peserta didik dengan guru serta sumber daya di lingkungan belajar. Model pembelajaran memiliki peran penting untuk mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar PKn Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data berasal dari jurnal ilmiah yang diperoleh melalui google scholar dengan kata kunci Contextual Teaching and Learning, hasil belajar PKn di SD. Penelitian didesain dengan menganalisis hasil penelitian relevan dengan mecermati gain skor hasil belajar PKn antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah 64,88, setelah diterapkan model pembelajaran CTL mengalami peningkatan sebesar 81,77. Selisih antara pretest dan posttest adalah 16,89 atau meningkat sebesar 26,03%. Penggunaan model pembelajaran CTL memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PKn Sekolah Dasar. Guru dapat menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk mengajarkan materi PKn di sekolah dasar.

Published

2023-12-31

How to Cite

Bansaulang, C. Z. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN 26 KOTA SORONG: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN 26 KOTA SORONG. Jurnal of Primary School Innovation , 1(1). Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jpsi/article/view/3015