PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 35 KOTA SORONG

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 35 KOTA SORONG

Authors

  • almar atu soleha Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 35 Kota Sorong khususnya di Kelas 1, dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini pada kelas 1B SD Negeri 35 Kota Sorong yang berjumlah 20 orang Siswa. Hasil informasi yang dipaparkan oleh peneliti merupakan hasil wawancara dan observasi dari narasumber yakni dari guru yang mengajar di SD tersebut sebagai bentuk tindakan. Adapun untuk analisis yang dilakukan berfokus pada penggunaan strategi pendekatan saintifik, dimana guru lebih dekat dengan siswa  dalam proses belajar mengajar.

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk dapat mengetahui peningkatan belajar siswa dengan menggunakan strategi pendekatan saintifik. Hasil pengamatan pada SD Negeri 35 Kota Sorong, berkaitan dengan hasil belajar siswa melalui pendekatan saintifik ini terbukti mengalami kenaikan yang signifikan. Siswa mampu bergerak aktif dalam mengasah dan peduli terhadap sekitar serta dapat mengembangkan segenap kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya. Pembuktian ini dapat berdasar dari tabel observer yang telah dibuat terbukti dengan peningkatan sebesar 90% siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik.

Published

2023-12-31

How to Cite

atu soleha, almar. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 35 KOTA SORONG: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 35 KOTA SORONG. Jurnal of Primary School Innovation , 1(1). Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jpsi/article/view/3014