Penyuluhan, Pendidikan, dan pelatihan Manajemen Sumber Daya manusia dalam Pengolahan Hasil Perikanan di Kelurahan Saoka, Distrik Maladummes, Kota Sorong

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Tasya Ramadanti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Taslim Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i1.3057

Keywords:

Community, Fishery Products, Human Resource Management, Training.

Abstract

Pengolahan hasil perikanan merupakan suatu kegiatan yang memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat, terutama di daerah pesisir seperti Kelurahan Saoka, Distrik Maladummes, Kota Sorong. Salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan dalam pengolahan hasil perikanan adalah manajemen sumber daya manusia (SDM). Penyuluhan, pendidikan, dan pelatihan menjadi strategi utama untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat dalam mengelola SDM yang berkompeten. Tujuan dari kegiatan adalah  penyuluhan, pendidikan, dan pelatihan manajemen SDM perikanan di Kelurahan Saoka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini ialah survei untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tingkat pemahaman masyarakat tentang pengolahan hasil perikanan dan manajemen SDM, Penyelanggaraan workshop dan seminar kepada para peserta, selanjutnya dilakukan monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang pendidikan dan pelatihan manajemen sumber daya manusia sebesar 44%. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan potensi Kelurahan Saoka dalam pengolahan hasil perikanan melalui pendekatan penyuluhan, pendidikan, dan pelatihan manajemen SDM.

References

Aprillian, R. R. 2023. Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Dan Pelatihan Pt Musawaland Jaya Perkasa (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Mahfud, I. 2019. Kompensasi Dan Evaluasi Kinerja Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Madani Syari'ah, 2(2), 45-64.

Rizal, A. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish.

Siregar, M. M. 2019. Pengaruh Rekrutmen (X1) Dan Motivasi (X2) Terhadap Kinerja Karyawan (Y) Pada Divisi Pemasaran Pt. Bhinneka Life Indonesia Cabang Medan (Doctoral Dissertation, Universitas Dharmawangsa).

Soedarwo, V. S. D. 2021. Model Pemberdayaan Masyarakat Partisipatif Integratif Bagi Rumah Tangga Nelayan Dengan Pendekatan Mindset Kewirausahaan.

Suruwaky, A., Mustasim, M., Sururi, M., Katili, V. R. A., & Poltak, H. 2021. Peningkatan Hard Skill Sistem Informasi Digital Perikanan Tangkap Di Era Digital 4.0 Improved Hard Skills Of Digital Information Systems Of Capture Fisheries In The Era Digital 4.0. Buletin Swimp, 1(01), 008-013.

Published

2024-01-10

Issue

Section

Articles