PENGARUH DOSIS PEMBERIAN BEKATUL TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH SAWAH DI DUKUH PRANTI DESA SRIHARDONO KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Nursawia Latuamury

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v9i2.19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian bekatul pada perubahan sifat fisik dan kimia tanah sebelum dan sesudah perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan melakukan beberapa perlakuan pemberian bekatul pada berbagai dosis di lahan sawah, kemudian tanah diambil sebelum perlakuan dan sesudah dari setiap perlakuan yang diambil secara komposit untuk dilakukan analisis di Laboratorium. Sifat-sifat fisika tanah sebelum penanaman padi dianalisis mencakup tekstur 3 fraksi (metode pipet), berat volume (metode lilin) dan berat jenis tanah (metode piknometer). Analisis sifat-sifat kimia sebelum penanaman padi meliputi: pH H2O, KPK, C-organik, N-total, N-tersedia, P-tersedia, dan K-tersedia. Hasil dari penelitian menunjukkan analisis sifat kimia tanah sebelum dan sesudah pemberian bekatul, tidak mengalami perubahan bahkan mengalami penurunan pada beberapa perlakuan karena di duga adanya pengaruh dari penyerapan oleh tanaman. Pemberian bekatul memberikan pengaruh pada perbaikan sifat fisik tanah yang diawali dengan perubahan struktur tanah yang dapat dideteksi dari variabel berat volume, berat jenis dan porositas total tanah. 

References

Brady , N. C. 1989. The Nature and Properties of Soils. The Mac Millan Co, New York. 653 p.

Hardjowigeno, S., dan Rayes, L. 2005. Tanah Sawah: Karakteristik, Kondisi, dan Permasalahan Tanah Sawah di Indonesia. Bayumedia Publishing, Malang.

Ponnamperuma, F.N.1985. Chemical Kinetics of Wetland Rice Soils Relative to Soil Fertility. In: Wetlands Soil: Characterization, Clasification and Utilization, p.71-90. Los Banos, Laguna, Philippines: The International Rice Research Institute.

Singer, M.J. dan D.N. Munns. 1987. Soil: An Introduction. New York: Macmillan Publishing Company.

Suwastika, A.A.N.G. 2001. Biologi Tanah. Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, UNUD, Denpasar.

Downloads

Published

2017-11-19

How to Cite

Latuamury, N. (2017). PENGARUH DOSIS PEMBERIAN BEKATUL TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH SAWAH DI DUKUH PRANTI DESA SRIHARDONO KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(2), 29–34. https://doi.org/10.33506/md.v9i2.19