ANALISIS PENGARUH HUBUNGAN EFEKTIVITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA AGRO FRESHMART CABANG SORONG

Authors

  • Hamsina Hamsina
  • Wisang Candra Bintari

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v9i2.18

Abstract

Regresi sederhana merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mencari pengaruh antara dua variabel yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan oleh pihak Agro Freshmart sudah efektif atau belum. Serta untuk mencari apakah ada pengaruh antara efektivitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner kepada pelanggan yang berkunjung pada Agro Freshmart Cabang Sorong. Dengan jumlah sampel sebanyak 250 sampel. Setelah kuisioner terkumpul  kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui apakah pertanyaan dalam kuisioner sudah valid atau tidak. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas selanjutnya dilakukan uji regresi sederhana untuk mencari pengaruh antara efektivitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan. Dengan asumsi apabila signifikan 0,00 di bawah 0,05 mengindikasikan ada pengaruh signifikan antara efektivitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan.

References

J. Supranto, 1997, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.

J. Supranto, 2001, Statistik Teori Dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2010, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Uyanto S. Stanislaus, 2009. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS, Graha Ilmu, Jakarta.

Downloads

Published

2017-11-19

How to Cite

Hamsina, H., & Bintari, W. C. (2017). ANALISIS PENGARUH HUBUNGAN EFEKTIVITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA AGRO FRESHMART CABANG SORONG. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(2), 20–28. https://doi.org/10.33506/md.v9i2.18