Penerapan Joyfull Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Tinjauan Psikolinguistik)

Authors

  • Deni Mustofa Universitas Islam Majapahit
  • Ismail Suardi Wekke STAIN Sorong
  • Ruslan Hasyim Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jbl.v8i2.463

Abstract

Joyfull learning dalam pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan metode permainan (game) bisa memberikan nuansa pembelajaran yang menyenangkan dan menggairahkan serta dapat membantu mengurangi rasa takut dan rasa bosan siswa terhadap pelajaran bahasa inggris yang sering dianggap sebagian hal yang membosankan dan menjenuhkan. Dengan joyfull learning dapat memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, agar mencapai keberhasilan pembelajaran joyfull learning terhadap siswa maka dibutuhkan pemahaman terhadap psikolinguistik. Melalui psikologi dipelajari mengenai siswa dan melalui linguistik dipelajari mengenai materi bahasa. Dengan berdasarkan keilmuan psikolinguistik dalam proses pembelajaran bahasa inggris pada penerapan joyfull learning diharapkan mampu untuk bisa memahi kepribadian serta kejiwaan siswa dalam penerimaan pembelajaran bahasa.

References

Agustina, H. S. D., & Negeri, M. (2012). Pembelajaran Model Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. MTs Negeri, 2.

Chaer A, (2003). Psikolinguistik : Kajian Teoretik, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Danarti, D. (2008). 50 Games For Fun Belajar Bahasa Inggris dengan Lebih Menyenangkan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hadfield, Jill. (1984). Elementary Communication games. Hong Kong: Thomas NelsonL td.

Hafrison, M. (2012). Permainan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas Rendah Sekolah Dasar: Sebuah Alternatif Model Pembelajaran Bahasa Bernuansa Psikolinguistik. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 9(2).

Jumroh, J., & Winarti, D. (2016). Penerapan pembelajaran Joyfull Learning dengan menggunakan Multimedia Interaktif di SMA Karya Ibu Palembang. Wahana Didaktika.

Kridalaksana, Harimurti. (1982). Kamus Linguistik.Jakarta: PT Gramedia.

Lisnawati, I. (2008). Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa. EDUCARE, 6(1).

Nur, F. (2013). Metode Permainan Crossword Puzzle dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris kelas IV SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 5(1).

Windiahsari, W. (2009). Penerapan Metode dalam Pengajaran Bahasa Inggris Hukum di Fakultas Hukum UNNES.

Downloads

Published

2019-06-25

How to Cite

Mustofa, D., Wekke, I. S., & Hasyim, R. (2019). Penerapan Joyfull Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Tinjauan Psikolinguistik). Lisan: Jurnal Bahasa Dan Linguistik, 8(2), 110–118. https://doi.org/10.33506/jbl.v8i2.463