Pertumbuhan Tanaman Kangkung (Ipomoea reptans Poir) dan Pakcoy (Brassica rapa Linnaeus) pada PADA Sistem Budidaya Akuaponik

Authors

  • Ainayah Alfatihah Universitas Islam Malang
  • Husain Latuconsina Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Malang
  • Hamdani Dwi Prasetyo Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Malang

Abstract

Tanaman sayur kangkung darat (Ipomoea reptans Poir) dan pakcoy (Brassica rapa Linnaeus) merupakan komoditas sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Bagi masyarakat perkotaan dapat memanfaatkan lahan sempit untuk dapat membudidayakan sayur mayur seperti kangkung dan pakcoy menggunakan sistem akuaponik yang dapat diintegrasikan dengan budidaya ikan skala rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan kangkung dan pakcoy pada sistem budidaya akuaponik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan 2 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu A(kangkung) dan B (pakcoy). Analisis data dilakukan secara deskriptif dalam bentuk histogram dari hasil pengamatan kondisi fisik tanaman kangkung (Ipomoea raptans) dan pakcoy (Brassica rapa) yang meliputi; tinggi tanaman, banyak daun, dan panjang daun serta grafik dari hasil pengamatan kondisi kualitas air pemeliharaan yang meliputi; suhu, pH, dan amonia. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pertumbuhan kangkung pada variabel tinggi tanaman, banyak daun, dan panjang daun pada sistem akuaponik menunjukkan hasil yang lebih optimal dibanding pakcoy.

Kata kunci: Pertumbuhan, Kangkung, Pakcoy, Akuaponik

References

Aida, S. N. 2020. Ensiklopedia Sawi: Deskripsi, Filosofi, Manfaat, Budidaya,dan Peluang Bisnisnya. Jogjakarta: Karya Bakti Makmur (KBM) Indonesia.

Andriyeni, Firman, Nurseha, dan Zulkhasyni. 2017. Studi Potensi Hara Makro Air Limbah Lele Sebagai Bahan Baku Pupuk Organik. Jurnal Agroqua. Vol. 15 (1): 71-75.

Astuti, R. R. S., dan Larasati, W. A. 2019. Respon Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica rapa) Terhadap Larutan Hara (Kotoran Ikan ) Pada Sistem Akuaponik. Jurnal Konservasi Hayati, vol. 10(1): 10-15.

Ayudyana, V., dan Asrizal. 2019. Rancangan Bangun Sistem Pengontrolan pH Larutan Untuk Budidaya Tanaman Hidroponik Berbasis Internet of Things. Pillar of Physics, vol.12 : 53-60.

Damanik, B. H., Hamdani, H., Riyantini, I., dan Herawati, H. 2018. Uji Efektivitas Bio Filter Dengan Tanaman Air Untuk Memperbaiki Kualitas Air Pada Sistem Akuaponik Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus). Jurnal perikanan dan Kelautan. Vol. IX (1): 134-142.

Darmawan, M., Irmawati, dan Asmuliani, R. 2020. Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Selada (Lactuca sativa) dan Ikan Lele (Clarias) Dengan Sistem Akuaponik. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian. 22(3): 157-161.

Dauhan, R. E. S., Efendi, E., dan Suparmono. 2014. Efektivitas Sistem Akuaponik Dalam Mereduksi Konsentrasi Amonia Pada Sistem Budidaya Ikan. Jurnal Rekayasa Dan Teknologi Budidaya Perairan. Vol. 3 (1): 297-301.

Effendi, H., Utomo, B. A., Darmawangsa, G. M., dan Karo-karo, R. E. 2015. Fitoremediasi Limbah Budidaya Ikan Lele (Clarias sp) Dengan Kangkung (Ipomoea aquatica) Dan Pakcoy (Brassica rapa chinensis) Dalam Sistem Reskulasi. Ecolab, 9(2): 80-92.

Gumelar, W. R., Nurruhwati, I., Sunarto, dan Zahidah. 2017. Pengaruh Penggunaan Tiga Varietas Tanaman Pada Sistem Akuaponik Terhadap Konsentrasi Total Amonia Nitrogen Media Pemeliharaan Ikan Koi. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Vol. VIII (2): 36-42.

Gusnawan, R., Indrawanis, E., dan Okalia, D. 2021. Pengaruh Air Limbah Kolam Lele Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Melon Kuning (Cucumis melo L.). Jurnal Green Swarnadwipa, 10(2): 260-267.

Hudiyah.M., dan Saptomo. S. K. 2019. Analisis Kualitas Air Pada Jalur Distribusi Air Bersih di Gedung Baru Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 4 (1).

Khodijah, N.S., Arisandi, R., Saputra. H. M., dan Santi, R. 2022. Pertumbuhan dan Hasil Kangkung Akuaponik Dengan Perlakuan Berbagai Jenis Pupuk Foliar dan Padat Tebar Lele Pada Sistem Budikdamber Lele-Kangkung. Jurnal Kultivasi, vol. 21(1): 105-112.

Latuconsina, H. 2018. Ekologi Perairan Tropis: Prinsip Dasar Pengelolaan Sumber Daya Hayati Perairan. UGM Press. Yogyakarta.

Megawati, D., Masykuroh, K., dan Kurnianto, D. 2020. Rancangan Bangun Sistem Monitoring pH dan Suhu Air Pada Akuaponik Berbasis Internet of Things (IoT). TELKA. Vol. 6 (2): 124-137.

Rahmadhani, L.E., Widuri, L.I., dan Dewanti, P. 2020. Kualitas Mutu Sayur Kasepak (Kangkung, Selada, dan Pakcoy) Dengan Sistem Budidaya Akuaponik dan Hidroponik. Jurnal Agroteknologi, vol. 14 (1): 33-43.

Rini, D. S., Hasan, H., Prasetio, E. 2018. Sistem Akuaponik Dengan Jenis Tumbuhan Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Tengadak (Barbonymus scwanenfeldii). Jurnal Ruaya, 6 (2): 14-20.

Sarido, L., dan Junia. 2017. Uji Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L) Dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Pada System Hidroponik. Jurnal Agrifor, vol. XVI (1): 65-74.

Sholihat, S. N., Kirom,R., dan Fathonah, I. W. 2018. Pengaruh Kontrol Nutrisi Pada Pertumbuhan Kangkung Dengan Metode Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT). e-Proceeding of Engineering. Vol. 5 (1): 910-915.

Susianti. 2021. “Pertumbuhan dan Produksi Pakcoy (Brassica rapa L) Pada Berbagai Jenis Media Tanam dan Konsentrasi Air Kelapa Fermentasi Dengan Sistem Hidroponik Rakit Apung”. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Wahyuningsih, A., Fajriani, S., dan Aini, N. 2016. Komposisi Nutrisi dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L) Sistem Hidroponik. Jurnal Produksi Tanaman. Vol. 4 (8): 595-601.

Zidni, I., Iskandar, Rizal, A., Andriani, Y., Ramadan, R. 2019. Efektivitas Sistem Akuaponik Dengan Jenis Tanaman Berbeda Terhadap Kualitas Air Media Budidaya Ikan. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 9 (1): 81-94.

Zulkarnain. 2010. Ekologi Tanaman Holtikultura. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Alfatihah, A. ., Latuconsina, H. ., & Prasetyo, H. D. . (2023). Pertumbuhan Tanaman Kangkung (Ipomoea reptans Poir) dan Pakcoy (Brassica rapa Linnaeus) pada PADA Sistem Budidaya Akuaponik. Jurnal Riset Perikanan Dan Kelautan, 5(2), 88–97. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jrpk/article/view/2270

Most read articles by the same author(s)