MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DAN TEKNIK NAPIER PADA SISWA KELAS IV B SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA SORONG

Authors

  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.256

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Model Cooperative Learning, Teknik NAPIER

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Cooperative Learning dan Teknik Napier yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 peserta didik dengan 17 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan sebagai subyek. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua sikluls. Pada siklus ke-I dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dilanjutkan dengan tes siklus I, implementasi tindakan dengan Model Cooperative  Learning dan Teknik Napier. Siklus ke-II dilakukan tindakan sebanyak tiga kali pertemuan yang dilanjutkan dengan tes siklus II dengan model yang sama pada siklus I. Hasil tes siklus I dan siklus II dianalisis secara kuantitatif dan data hasil observasi peserta didik dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan Model Cooperative Learning dan Teknik Napier dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 46,88 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 24,99% yang berada pada kategori kurang, meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata siswa 85,00 dengan presentase belajar sebesar 93,75% yang berada pada kategori sangat baik.

 

References

Daftar Pustaka

Apriyanti, Ike Dwi. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learnig Type Jingsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi. UPI: Yogyakarta. (Tidak Dipublikasikan).

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan 2010. Aditya Media: Yogyakarta.

Fitrianingrum, Anita. 2011. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jingsaw dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Mumahammadiyah Imogiri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika FST UINSK : Yogyakarta. (Tidak dipublikasikan)

Haryono, Ari Dwi, Aries, Erna Febru. 2012. Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasinya. Aditya Media Publishing : Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Belajar : Yogyakarta.

Nyataraharja. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 4 Sorong. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA UNM : Makassar. (Tidak dipublikasikan)

Putra, Sang Nyoman Liga. 2010. Pemanfaatan Alat Peraga Batang Napier dalam Pembelajaran Operasi Perkalian Bilangan Cacah Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Jurusan Matematika FKIP Universitas Mahasaraswati : Denpasar Bali. (Tidak dipublikasikan)

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group : Jakarta.

Sa’adah , Widayanti Nurma. 2010. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Jurusan Matematika FMIPA UNY : Yogyakarta. (Tidak dipublikasikan)

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Suhardjono, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara : Jakarta.

Suprijono, Agus. 2012, Cooperative Learning. Pustaka Belajar : Yogyakarta.

Walhikwan. 2007. Efektifitas Model Napier dalam Penyelesaian Soal-Soal Basis Bilangan di SLTP islam Ruhama Ciputat. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta. (Tidak dipublikasikan)

Asimtot. Sifat-Sifat Pada Bilangan Bulat . (Online) (http://asimtot.wordpress.com/2010/06/01/sifat-sifat-pada-bilangan-cacah/), diakses hari kamis 07 Maret 2013.

Suriyanto. Pengertian Bilangan Cacah. (Online) (http://ian43.wordpress.com/2010/12/23/pengertian-bilangan-cacah/), diakses hari kamis 07 Maret 2013.

Safnowandi. Model Pembelajaran Kooperatif. (Online) (http://safnowandi.wordpress.com/2012/02/27/model-pembelajaran-kooperatif/), diakses hari kamis 07 Maret 2013.

Anything. Mengalikan Bilangan Menggunakan Rabdologia (Napier’s Bone). (Online) (http://7-anything.blogspot.com/2011/01/mengalikan-bilangan-menggunakan.html), diakses hari kamis 07 Maret 2013.

Downloads

Published

01/08/2019

How to Cite

Arsyad, R. B. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DAN TEKNIK NAPIER PADA SISWA KELAS IV B SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA SORONG. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 14–25. https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.256

Issue

Section

Articles