MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Muhammad Fathurrahman

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v5i1.241

Keywords:

Cooperative, Script, Learning

Abstract

The research aimed to describe the cooperative learning script that can improve student mathematic learning out comes.The research was conducted in sorong, the subyek of this research was X grade at SMA Muhammadiyah Al-Amin Sorong, in academic 2013 / 2014. The student consist of 9 males and 20 female. The research was classroom action research (PTK). The procedure and implemantion at the study site was divided into two cycles. In the first cycles performed three times of implementation by using cooperative learning script. The second cycles took three times with the same model.Cooperative learning script is method of learning when the student.According to the research. The research can contlude that the student mathematic learning outcomes at SMA Muhammadiyah Al-Amin Sorong  X grade, can improve student learning outcomes the first cycles mean of 55.34% with the presentase in learning 58.6% and of second cycles  the average was of 81.93% with the presentase in learning 93.1%.

References

Akhsin, Nur, dan Astuti, Anna Yuni. 2007. Matematika Realistik :Kelas VII untuk SMP dan MTs. Intan Pariwara : Klaten

Apriyanti, Dwi Ike. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative LearningType Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Yogyakarta. (Tidak dipublikasikan).

Aprudin. Makalah Pendidikan dan Model Pemebelajaran Matematika. [Online] tersedia http://007indien.blogspot.com/2012/10/model-pembelajaran-cooperative script.html di akses pada 12 februari 2013.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan 2010. Aditya Media : Yogyakarta.

Haryono, Ari Dwi dan Aries, Erna Febru, 2012. Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasinya. Aditya Media Publishing : Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Belajar : Yogyakarta.

Muniroh, Khayyizatul. 2010. Implementasi Pembelajaran Dengan Model Cooperative Script Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii MTs Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Pendidikan Matematika SWA 06 D. Yogyakarta. (Tidak dipublikasikan)

Munawar, Indra. [Online] tersedia http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/ hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html. di Akses pada 12 Februari 2013.

Mutadi. 2008. Bergelut dengan Si Asyik Matematika. PT. Listafariska Putra : Jakarta

Nurwenti, Eka. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Quba Kota Sorong Melalui Metode Pembelajaran PQRST. Pendidikan Matematika UMS, Sorong. (Tidak dipublikasikan)

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group : Jakarta.

Sa’adah , Widayanti Nurma. 2010. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurusan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta. (Tidak dipublikasikan)

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.

Suhardjono, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara : Jakarta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Belajar : Yogyakarta.

Trisnawati, Nika Fetria.2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS).Pendidikan Matematika UMS. Sorong. (Tidak dipublikasikan).

Warsono, dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif : Teori dan Asesmen. PT Remaja Rosdakarya : Bandung

Widyatun S.ST, Diah. Jurnal Bidan Diah. [Online] tersedia http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/metode-belajar-cooperative-script.html. di Akses pada 12 Februari 2013

Downloads

Additional Files

Published

12/15/2018

How to Cite

Fathurrahman, M. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.33506/jq.v5i1.241

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)