Pengembangan E-Modul Basic Grammar in Use berorientasi Model Drill and Practice menggunakan Quizizz

Authors

  • Heriyanti Tahang Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1586

Keywords:

Bahan Ajar, E-Modul, Grammar, Drill and Practice, Quizizz

Abstract

Bahan ajar sebagai salah satu media utama dalam melakukan proses belajar mengajar dituntut mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sehingga bahan ajar E-modul menjadi perlu untuk dikembangkan guna meningkatkan pemahaman peserta didik sesuai dengan zamannya. Pengembangan bahan ajar berupa E-modul dengan model Drill and practice menggunakan Quizizz, memungkinkan pengalaman belajar peserta didik lebih menarik. Pengalaman tersebut memungkinkan siswa memahami materi lebih baik. Berdasar pada hal tersebut, penelitian R & D dengan Model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate) dilakukan dengan tujuan mengembangkan Bahan Ajar E-Modul ini dengan model Drill and Practice untuk mata kuliah Basic Grammar in Use pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UM Sorong dan mengetahui kelayakannya, penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar berhasil dilakukan dengan memperoleh kelayakan pada kategori sangat baik dengan rata-rata 3.8 oleh ahli mater, 3.7 oleh ahli media dan 3.2 atas respon siswa. Jadi E-modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran Basic Grammar in Use.

References

Delfino. A. P., “Student Engagement and Academic Performance of Students of Partido State University,†pp. 1–16, 2019.

Erinawati, B. (2016). Pengembangan e-modul penggabungan dan pemberian efek citra bitmap belas XI multimedia SMK negeri 1 klaten. IOSR Journal of Economics and Finance.

Indra Wijaya. H. P. F., “Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Studi Kasus SMA Negeri 12 Padang),†J. Pendidikan dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 104–114, 2017.

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta : Mitra Cendekia Press.

Mustaqim. N. M., Yuniarti. D. W., and Sudarmanto. A., “Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Multimedia Interaktif Pada Praktikum Elektronika Dasar I Materi Dioda Ii Mahasiswa Pendidikan Fisika Uin Walisongo Tahun 2015,†Phenom. J. Pendidik. MIPA, vol. 7, no. 1, p. 68, 2017.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Prastowo. A. “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. 106, 2012.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.

Purwati. H., Nugroho. A. A., Ariyanto. L., and Tsalatsa. N. A., “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash Professional 8,†J. Deriv. J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 15–24, 2016.

Roblyer, M & Doering,A.H."Integrating Educational Technology Into Teaching". Boston:Pearson. 2010.

Setyawan. A. A., and Wahyuni. P., “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan,†J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 12, no. 1, pp. 94–102, 2019.

Sudjana, Nana. "Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar". Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2011.

Sugiyono. "Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development". Bandung: Alfabeta.2017 Tahang Heriyanti., and Yuliana. “Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan,†Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 17, no. 03, pp. 190–204, 2019.

Yusuf, S. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Online Menggunakan Quizizz dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Kota Magelang.

Downloads

Published

01/10/2022

How to Cite

Tahang, H. (2022). Pengembangan E-Modul Basic Grammar in Use berorientasi Model Drill and Practice menggunakan Quizizz. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(2), 72–81. https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1586

Issue

Section

Articles