ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU MANAJEMEN DI SEKOLAH SD Al IRSYAD

ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU MANAJEMEN DI SEKOLAH SD Al IRSYAD

Authors

  • sani essarey Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstract

A B S T R A K

Tujuan dari penelitian ini untuk dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai peranan kepala sekolah dalam menerapkan manajemen mutu pendidikan sekolah.Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen mutu peserta didik adalah aktivitas kepala sekolah yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, kepala sekola harus mampu dalam mengelola proses manajemen dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan sampai pada tahap evaluasi hasil dari pembelajaran, untuk mencapai keberhasilan organisasi atau lembaga dalam mencapai tujuan dan berbagai sasaran serta kemampuannya dalam menghadapi berbagai tantangan, baik yang bersifat eksternal maupun internal melalui kebijakankebijakan, praktik-praktik di lapangan, hal ini dapat mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar dan peserta didik yang menerima pelajaran, sehingga dapat mencapai mutu pendidikan.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang meliputi fakta-fakta dan permasalahan yang ada di lapangan, dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif di SD Al irsyad, dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, selama penelitian dianalis dengan langkahlangkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. mengorganisasikan kegiatan, mengarahkan kegiatan, melaksanakan pengawasan, serta melaksanakan pengelolaan manajemen dan mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instasi lain. Kepala sekolah adalah pemegang kendali di sekolahnya sehingga dalam mengatur dan melaksanakan itu semua kepala sekolah tidak bisa melakukannya sendiri, kepala sekolah harus dapat mengajak dan memberikan pengaruh yang positif agar guru dan peserta didik dapat bekerja sama dengan sepenuh hati, dengan seperti itu maka tujuan sekolah akan lebih mudah tercapai.      

Published

2023-12-31

How to Cite

essarey, sani. (2023). ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU MANAJEMEN DI SEKOLAH SD Al IRSYAD: ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU MANAJEMEN DI SEKOLAH SD Al IRSYAD. Jurnal of Primary School Innovation , 1(1). Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jpsi/article/view/3016