Sistem Pengelolaan Kearsipan Administrasi Perkantoran Pada Kantor Distrik Sorong Kota Sorong
Sistem Pengelolaan Kearsipan Administrasi Perkantoran Pada Kantor Distrik Sorong Kota Sorong
Keywords:
Sistem, pengelolaan kearsipan, AdministrasiAbstract
Abstrak
Sistem pengelolaan dalam arsip banyak meliputi berbagai kegiatan dalam mengklasifikasikan surat, memberi kode, menyimpan surat, memelihara secara tepat sampai mengenai cara penyingkiran dan pemusnahan surat yang sudah tidak dipergunakan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana sistem pengelolaan kearsipan yang ada di Kantor Distrik Sorong Kota Sorong Metode penelitian dengan menggunakan Penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ASN yang ada di Kantor Distrik Sorong Kota Sorong yang mewakili Populasi. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 4 orang yang terdiri dari; kepala distrik,sekretaris dan 2 kepala seksi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ,data yang di kumpulkan dalam penelitian ini adalah Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prosedur pengelolaan arsip dikantor ini belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari lamanya waktu yang dibutuhkan untuk penemuan kembali arsip dan Sistem penyimpanan arsip masih sangatlah sederhana belum sepenuhnya Komputerisasi.